Pengaruh Model Pembelajaran PBL Pada Materi Perkembangan Teknologi Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa

Clarizza Azzahra Putri, Sigit Dwi Saputro

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui keterlaksananya model problem based learning pada materi perkembangan teknologi terhadap pengambilan keputusan siswa; 2) mengetahui pengaruh model problem based learning pada materi perkembangan teknologi terhadap pengambilan keputusan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Exsperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TJKT SMKN 2 Bangkalan, pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh yaitu kelas X TJKT yang berjumlah 68 siswa. Pengumpulan data berupa instrumen tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) Keterlaksanaan pembelajaran ini berdasarkan observasi aktivitas guru memperoleh presentase 98,40% berkategori “Sangat Baik”dan observasi aktivitas siswa memperoleh presentase 85,53%, berkategori “Sangat Baik”. (2) Model problem based learning berpengaruh terhadap pengambilan keputusan siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji signifikan diperoleh nilai thitung = 10,290 > ttabel = 2,064 disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap pengambilan keputusan siswa pada materi perkembangan teknologi di SMKN 2 Bangkalan.

Full Text:

PDF PDF

References


Arends, R. (2012). Learning to Teach. In McGraw-Hill. McGraw-Hill.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597

Fatimah, R., & Julianto. (2018). Pengaruh Model PBL Berbantuan Gambar Berseri Terhadap

Keterampilan Pengambilan Keputusan Mata Pelajaran Ipa Kelas V. JPGSD, 6(3).

Febriansah, R. E., & Meiliza, D. R. (2020). Teori Pengambilan Keputusan. UMSIDA Press.

Herliani, Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Lakeisha.

http://repository.uin-malang.ac.id/6124/

Kusnandar, A., Suharsono, & Kamil, P. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap

Keterampilan Pengambilan Keputusan Pada Materi Sistem Reproduksi. Prosiding.

http://repositori.unsil.ac.id/745/

Mincemoyer, C, C., & Perkins, D. F. (2003). Assessing Decision-making Skills of Youth by. The Forum

For Family & Consumer Issues, 8(1).

Neliwati, Surion, Z., Rinald, R., & Tamiang, Y. (2022). Pengambilan Keputusan Dan Peningkatan Mutu

Pendidikan Di Smk Negeri 2 Binjai. Jurnal Guru Kita, 6(2).

https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.31650

Prastyawan, A., & Lestari, Y. (2020). Pengambilan Keputusan. Unesa University Press.

Rubini, B., & Sunaryo, W. (2016). Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan yang Efektif. In

Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Paspa Press.

Septiarini, L., & Kardoyo. (2014). Peningkatan Keterampilan Membuat Keputusan Dengan

Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Siswa SMK PGRI

Batang. Economic Education Analysis Journal, 3(2).

https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/694

Tawil dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA.

Makassar: Badan Penerbit UNM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457