ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA RSUD DR. H. MOH. ANWAR SUMENEP)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anita, AD Atriana. 2009. Analisis Proses Penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam Persiapan Menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di RSUD Kota Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang.
Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Erlangga. Jakarta.
Edi, Satriawan. 2003. Analisis Kesiapan RSUD Pasar Rebo menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tahun 2003 Ditinjau dari Kinerja Keuangan.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 228/Menkes /SK/III/2002 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit yang Wajib Dilaksanakan Daerah.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/ SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003.
Khozin, Mohammad. 2010. Evaluasi Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten Gunungkidul. Sinergi Visi Utama Konsultan Yogyakarta.
Kusuma Angga, Yudi. 2007. Upaya Rumah Sakit dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat Miskin. Universitas Muhammadiyah Malang.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. ROSDA. Bandung.
Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. PT. Salemba Empat. Jakarta.
Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) No. 6 Tahun 2007 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan dan Penetapan Standar Pelayanan Minimal.
Peraturan Pemerintah No. 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal.
Sabarguna, BS. 2009. Manajemen Rumah Sakit. Jilid 1. Sagung Seto. Jakarta.
Sabarguna, BS. 2009. Manajemen Rumah Sakit. Jilid 2. Sagung Seto. Jakarta.
Saepudin Asep dan Roudo Mohammad. 2008. Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM): Konsep, Urgensi dan Tantangan. Riptek, Vol. 2 No. I, Hal. 1-6.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA. Bandung.
Sumarsan, Thomas. 2010. Sistem Pengendalian Manajemen. Indeks. Jakarta.
Winarsih, Septi, Atik dan Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Yin, Robert K. 2009. Studi Kasus Desain dan Metode. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sumber Web:
http://id.scribd.com/doc/10911297nambah-ilmu-tentang-manajemenrumah-sakit (diakses padatanggal 29 November 2012)
http://riana-a-hfkm10.web.unair.ac.id/artikeldetail-41191administrasi%20rumah%20sakit %20dan %20puskesmas standar %20pelayanan %20 minimal %20rumah %20 sakit. Html (diakses pada tanggal 26 november 2012)
http://rindupulang.blogspot.com/2009/11/orang-miskin-dilarangsakit.html (diakses pada tanggal 8 November 2012)
http://rri.co.id/index.php/detailberita/detail/20334#.UK7l-ZgepjQ (diakses pada tanggal 23 November 2012)
http://www.sumenep.in/rsudutamakan-pelayanan-prima.html (diakses pada tanggal 23
November 2012)
http://www.indoeducation.com/2012/08standar-pelayanan-minimalrumah-sakit.html (diakses pada tanggal 29 November 2012)
DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v9i2.548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Anis Sufiati, - Prasetyono, F. A. Kurniawan
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.