The Determinants of Net Profit in Manufacturing Companies: Does Marketing and Production Costs Matter?
Abstract
Net profit is one of the leading indicators in investment decision-making. Companies that have a high net profit value are believed to provide prosperity for investors. A company's net profit is obtained from revenue minus costs. The most significant cost components in the food and beverage sector industry profit and loss report are marketing costs and production costs. Thus, these two costs need to be managed well in order to support maximum net profit. This research aims to find out how marketing costs and production costs influence increasing profits in Food and beverage subsector Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. This research used 64 data samples. The results of this research analysis state that marketing costs can have a positive influence on the company's net profit. Likewise, production costs have been proven to have a positive influence on the company's net profit. It is hoped that the results of this research can provide consideration for decision-makers, such as managers and investors, that marketing costs and production costs that can be managed well can contribute to increasing the company's net profit
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). Digitalisasi industri dan pengaruhnya terhadap ketenagakerjaan dan hubungan kerja di Indonesia industrial. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 268–298.
Adityaningrum, F., Widyaningrun, M. N., & Mahirun. (2024). The effect of profitability, liquidity, leverage, firm size, operating capacity, and retained earnings towards financial distress: evidence from energy companies. InFestasi, 20(1), 25–37.
Annisa, M. L. (2024). Analisis Pengaruh Biaya Pemasaran dan Biaya Administasi dan Umum terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2022-2023. Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2b), 907–915.
Bahrena, B., Ramadhanib, I., & Suroso, E. (2018). Membangun keunggulan bersaing melalui inovasi produk, inovasi proses, inovasi marketing dan inovasi organisasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1).
Firdarini, K. C. (2023). Pengaruh Komite audit dan kualitas audit terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 3(2). https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i3.775
Ginanjar, Y. (2020). Volume penjualan sebagai variabel moderasi pada pengaruh laba bersih dengan biaya promosi. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Sistem Informasi, 1(1).
Gozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah, P. S., & Sula, A. E. (2023). Analisis Komparasi penghitungan kalkulasi biaya produksi batik pada usaha mikro kecil dan menengah the comparative analysis of “Batik” Production cost calculations in micro, small and medium enterprises. InFestasi, 19(2), 142–152.
Harianto, M., & Yunianto, F. (2024). Kemenperin: Industri makanan-minuman penopang ekonomi Indonesia. https://www.antaranews.com/berita/3992028/kemenperin-industri-makanan-minuman-penopang-ekonomi-indonesia
Januarsah, I., Jubi, J., Inrawan, A., & Putri, D. E. (2019). Pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba perusahaan pada pt pp london sumatera indonesia, TBK yang terdaftar di bursa efek indonesia. Financial Jurnal Akuntansi, 5(1). https://doi.org/10.37403/financial.v5i1.90
Juwariyah, N., & Rosyati, R. (2021). Pengaruh biaya promosi dan biaya produksi terhadap laba bersih yang dimediasi oleh volume penjualan (studi pada pt.unilever indonesia Tbk Periode tahun 2015-2019). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 4(1). http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v4i1.2662
Mahbubah, I., & Yunida, S. P. (2019). Disrupsi profesi akuntan di era revolusi industri 4.0. Wacana Equiliberium : Jurnal Pemikiran & Penelitian Ekonomi, 08(02), 73–78.
Makalalag, A., Ilat, V., & Walandouw, S. K. (2023). Pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya kualitas terhadap laba bersih (studi pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di bei tahun 2018-2020). Jurnal EMBA, 11(3).
Miranda, E. N. (2021). Analisis pengaruh biaya pemasaran dan biaya produksi dalam meningkatkan laba bersih pada industri barang konsumsi (makanan & minuman) yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2017-2019. Tesis: Universitas Jambi.
Muhammad A., & Hendra. (2023). Inovasi Produk Dalam Konteks Pemasaran Internasional: Strategi Dan Implementasi. Jurnal Minfo Polgan, 12(2).
Mulyadi. (2018). Akuntansi Biaya. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Muslim, M. T. (2020). Pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap laba bersih pada PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2006-2013. Jurnal Ilmu Manajemen Retail, 1(2).
Namora, T. A., & Zulvia, D. (2023). Pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman tahun 2017-2021 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Kendali Akuntansi, 1(2).
Nurawaliah, S., Sutrisno, & Nurmilah, R. (2020). Pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba bersih (cv. Nj food industries). Jurnal Proaksi, 2(2).
Pinkan Kezia, & Endang Wulandari. (2024). Pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3(2), 602–608. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.278
Prawironegoro, D., & Purwanti, A. (2009). Akuntansi Manajemen (Ketiga). Mitra Wacana Media.
Puspita, D. R., Sumantri, F., Mu’mina, Hilmiar, M., Nganus, I., Anggraeni, M., & Shalihah, D. D. (2022). Pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba pada pt. unilever tbk periode 2017-2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan2, 8(9), 194–205. ttps://doi.org/10.5281/zenodo.6644260
Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 194–208.
Putri, S. P. (2023). Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Busra Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen, Hukum Dan Sosial, 1(1).
Rohma, F. F. (2023). Does a green economy mentality exist? An experimental study in emerging country. Asian Journal of Business Ethics, 12(2), 285-304.
Rohma, F. F., & Anita, N. (2024). The Effect of Prepayment Contract Frames and Feedback on Budgetary Slack: An Experimental Investigation. Journal of Indonesian Economy and Business, 39(1), 73-92.
Rohma, F. F., & Khoirunnisa, F. R. (2024). The effects of knowledge sharing, self-efficacy and performance: does initiation of structure leadership matter?. Journal of Asia Business Studies, 18(6), 1505-1528.
Sandopart, D. P. Y. A. L., Permana, D. S., Pramesti, N. S., Ajitama, S. P., Mulianingsih, A. T., Septia, D. N., Firmansyah, M. A., & Juman, M. F. (2023). Analisis efisiensi biaya produksi pada kegiatan perusahaan manufaktur dengan teknologiartificial intelligence. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 25–37.
Sari, A. N. (2022). Kondisi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman di Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/15588/Kondisi-Industri-Pengolahan-Makanan-dan-Minuman-di-Indonesia.html
Simanjuntak, F. A., Daslim, F., Harahap, S., & Elidawati, E. (2019). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba pada PT Sumatera Hakarindo Medan. Jurnal Bisnis Kolega, 5(2). https://doi.org/10.57249/jbk.v5i2
Siregar, A. A. R., Ginting, B. M., Febrianti, W. S., & Ningsih, H. T. K. (2023). Pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Jurnal Bisnis Net, 6(1), 16–29.
Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374. https://doi.org/10.2307/1882010
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharya, Y., Sutrisno, S., & Nurmilah, R. (2021). Pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih cv. berkah jaya general supplier snack food. Jurnal Bina Akuntansi, 8(2).
Sutrismi, S., & Anggraini, N. (2023). Pengaruh biaya pemasaran terhadap penjualan (studi kasus pada pt. suling mas tritunggal abadi tulungagung). Journal of Accounting and Tax, 2(1). https://doi.org/10.36563/jat.v2i1.785
Suzan, L., & R, S. N. (2020). Effect of production Costs and Sales on the Company’s Net Profit. Jurnal Akuntansi, 24(2).
Warits, M. A. Al, & Sadikin, D. S. (2023). Pengaruh pertumbuhan biaya produksi dan biaya promosi terhadap pertumbuhan laba bersih dan penjualan. Jurnal of Accounting, Management, and Islamic Economics, 1(2), 457–468.
Warren, C. S., Reeve, J. M., Duchac, J. E., Wahyuni, E. T., & Yusuf, A. A. (2018). Accounting Indonesia Adaptation 4 th Edition. Salemba Empat.
Yuda, I. M. A., & Sanjaya, Wirya, I. K. P. (2020). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjulan terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 19(1), 35–42.
DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v20i2.27715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dina Alafi Hidayatin
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.