Dimensi Fraud Hexagon Dan Spiritualitas Pada Kecurangan Akademik Selama Pembelajaran Daring

Akhmad Affandi, Tito I.M Rahman Hakim, Prasetyono Prasetyono

Abstract


COVID-19 membuat perubahan di sejumlah sisi kehidupan manusia. Salah satu perubahannya berada dalam bidang pendidikan. Pembelajaran yang dulu dilakukan secara luring kini harus dilakukan secara daring. Dampak dari pembelajaran daring membuat kecurangan akademik semakin meningkat. Artikel ini bertujuan untuk menguji pengaruh tekanan, kemampuan, kolusi, kesempatan, rasionalisasi dan ego terhadap kecurangan akademik saat pembelajaran daring yang dimoderasi oleh spiritualitas. Responden penelitian ini adalah 191 mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Trunojoyo Madura. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner secara online. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SmartPLS. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa tekanan, kolusi dan kesempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik saat pembelajaran daring, sedangkan kemampuan, rasionalisasi dan ego tidak berpengaruh signifikan. Spiritualitas juga tidak mampu memoderasi tekanan, kemampuan, kolusi, kesempatan, rasionalisasi dan ego terhadap kecurangan akademik saat pembelajaran daring. Mahasiswa cenderung melakukan kecurangan akademik selama pembelajaran daring karena mereka memiliki kesempatan untuk melakukan hal tersebut, terdapat bantuan dari sesama mahasiswa dan adanya tekanan baik secara internal maupun eksternal agar berprestasi secara akademik.

 

COVID-19 has made changes in many aspects of human life. One of the changes is in the education aspect. The learning process that used to be carried out offline now has to be done online. One consequence of online learning is the soaring academic cheating. This paper aims to examine the effect of pressure, capability, collusion, opportunity, rationalization and ego on academic cheating during online learning moderated by spirituality. The respondents of this study were 191 bachelor's students of Accounting, Trunojoyo Madura University. Data collection techniques using online questionnaires. The data obtained is processed statistically using the SmartPLS program. The result of this study shows that pressure, collusion and opportunity have a positive and significant effect on academic cheating during online learning, while capability, rationalization and ego have no significant effect. Spirituality is also unable to moderate pressure, capability, collusion, opportunity, rationalization and ego towards academic cheating during online learning. Students commit academic fraud during online learning because they have the opportunity to do so, there is assistance from fellow students and are pressured both internally and externally to excel academically.


Keywords


Academic cheating, fraud hexagon, online learning, spirituality

Full Text:

PDF

References


Abcnews. 2020. Med School Students in South Korea Caught Cheating on Online Exams During Coronavirus Pandemic. https://abcnews.go.com. (Diakses pada 22 September 2021).

Adrianus, Billy, Yuliati, R. dan Adelina, Y.E. 2019. Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Perspektif Fraud Diamond. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi 11(2): 157-178.

Albrecht, W.S. 2003. Fraud Examination. United States : Thomson South-Western.

Albrecht, W.S., Albrecht, C.O., Albrecht, C.C., dan Zimbelman, M.F. 2012. Fraud Examination. South Western : Mason.

Amir, Y. dan Lesmawati, D.R. 2016. Religiusitas dan Spiritualitas: Konsep yang sama atau berbeda?. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi 2(2): 67-73.

Andayani, Y. dan Sari, V.F. 2019. Pengaruh Daya Saing, Gender, Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Padang). Jurnal Eksplorasi Akuntansi 1(3): 1458-1471.

Apsari, A.K. dan Suhartini, D. 2021. Religiosity as Moderating of Accounting Student Academic Fraud with a Hexagon Theory Approach. Accounting and Finance Studies 1(3): 211-230.

Artani, K.T.B. dan Wetra, I.W. 2017. Pengaruh Academic Self Efficacy Dan Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Bali. Jurnal Riset Akuntansi JUARA 7(2): 123-132.

Aziz, M.R. dan Novianti, N. 2016. Analisis Pengaruh Fraud Diamond, Integritas, Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Konsentrasi Syariah Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 4(2): -.

Bandura, A. 1991. Social Cognitive Theory Of Moral Thought And Action. Handbook of moral behavior and development 1(1): 45-103.

Bandura, A. 2002. Social Cognitive Theory in Cultural Context. Applied Psychology: An International Review 51(2): 269-290.

Baron, R. M., dan Kenny, D. A. 1986. The moderator–mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology 51(6): 1173-1182.

Blau, I. dan Eshet-Alkalai, Y. 2017.The Ethical Dissonance in Digital and Non-Digital Learning Environments: Does Technology Promotes Cheating among Middle School Students?. Computers in Human Behavior -.

Brunell, A.B., Staats, S., Barden, J. dan Hupp, J.M. 2011. Narcissism and Academic Dishonesty: The Exhibitionism Dimension and The Lack of Guilt. Personality and Individual Differences 50(1): 323-328.

Burke, J.A., Polimeni, R.S. dan Slavin, N.S. 2007. Academic Dishonesty: A Crisis on Campus. CPA Journal 77: 58-65.

Christiana, A. Kristiani, A. dan Pangestu, S. 2021. Kecurangan Pembelajaran Daring Pada Awal Pandemi Covid-19: Dimensi Fraud Pentagon. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 19(1): 66-83.

Cohen, L.E. and Felson, M. 1979. Social Change and Crime Rate Trends: A Routine Activity Approach. American Sociological Review 44(4): 588-608.

Darmayanti, N., Rosyida, I.A. dan Irawan, G.A. 2020. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Journal of Management and Accounting J-MACC 3(2): 41-54.

Deliana, Abdulrahman dan Nursiah. 2017. Perilaku Kecurangan Akademik (Academic Fraud) Mahasiswa Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Utara. Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis Universitas Widyatama (SNAB): Bandung, 20 Juli 2017.

Deutsch, M., dan Gerard, H. B. 1955. A Study of Normative and Informational Social Influences upon Individual Judgment. The Journal of Abnormal and Social Psychology 51(3): 629–636.

Dewi, K.N.A., Sulindawati, N.L.G.E. dan Sujana, E. 2017. Pengaruh Tingkat Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Jurusan Pendidikan Dan Non Pendidikan Di Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Konsep “Fraud Triangle”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi UNDHIKSA 8(2): -.

Duarte, F. 2008. “What We Learn Today is How We behave Tomorrow”: A Study on Students’ Perceptions of Ethics in Management Education. Social Responsibility Journal 4(1/2): 120-128.

Fadersair, K. dan Subagyo. 2019. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Dimensi Fraud Pentagon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Ukrida). Jurnal Akuntansi Bisnis 12(2): 122–147.

Fadri, N. dan Khafid, M. 2018. Peran Kecerdasan Spiritual Memoderasi Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Dan Self-Efficacy Terhadap Kecurangan Akademik. EEAJ Economic Education Analysis Journal 7(2): 430-448.

Fauzan, N.A. dan Novianti, N. 2021. Analisis Pengaruh Teori Fraud Pentagon Dan Efikasi Diri Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 9(2): 1-16.

Febriana, N.R. 2020. Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Pentagon Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pada Uji Kompetensi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 8(1): -.

Forbes. 2014. Association of Certified Fraud Examiners Release 2014 Report on Fraud. https://www.forbes.com. (Diakses pada 22 September 2021).

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., dan Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Amerika Serikat: SAGE Publications.

Herlyana, M.V., Sujana, E. dan Prayudi, M.A. 2017. Pengaruh Religiusitas Dan Spiritualitas Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi UNDHIKSA 8(2): -.

Howarth, C. 2011. The Mind Behind The Fraudsters Crime: Key Behavioral and Environmental Elements. Crowe Horwath LLP 1-62.

Kaplan, M.F. dan Miller, C.E. 1987. Group Decision Making and Normative Versus Informational Influence: Effects of Type of Issue and Assigned Decision Rule. Journal of Personality and Social Psychology 53(2): 306-313.

Kennedy, K.M., Nowak, S., Raghuraman, R., Thomas, J., dan Davis, S.F. 2000. Academic Dishonesty and Distance Learning: Student and Faculty Views. College Student Journal 34(2): 309-314.

Ladita, N. 2018. Pengaruh Sifat Machiavellian Terhadap Keputusan Etis Mahasiswa S1 Akuntansi Dengan Spiritual Quatient Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Lanier, M.M. 2006. Academic Integrity and Distance Learning. Journal of Criminal Justice Education 17(2): 244-261.

Limbong, I.S. 2021. Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pada Kegiatan Perkuliahan Daring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 9(1): 1-79.

Maulidi, A. 2020. Critiques and Further Directions for Fraud Studies: Reconstructing Misconceptions about Developing Fraud Theories. Journal of Financial Crime 27(2): 323-335.

Monika, S.A. 2020. Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal: Dimensi Fraud Triangle, Dengan Gender Sebagai Variabel Kontrol. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Murdiansyah, I., Sudarma, M. dan Nurkholis. 2017. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya). JAA Jurnal Akuntansi Aktual 4(2): 121-133.

Muthia, S. 2021. Faktor Yang Memengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi Untuk Melakukan Kecurangan Akademik Pada Sistem Pembelajaran Daring/Online. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nahar, H.S. 2018. Exploring Future Accountants’ Academic Fraud (In)Tolerance: Oman Evidence. Journal of Accounting in Emerging Economies 8(1): 66-83.

Nurkhin, A. dan Fachrurrozie. 2018. Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unnes. Jurnal Pendidikan Akuntansi 1(1): 1-12.

Nusron, L.A. dan Sari, R.T. 2020. Pengaruh Fraud Diamond dan Religiusitas terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Telaah Bisnis 21(2): 79-88.

Pavela, G. 1997. Applying the Power of Association on Campus: A Model Code of Academic Integrity. Journal of Business Ethics 16(1): 97-119.

Purnamasari, D. 2013. Faktor-faktor yang memengaruhi kecurangan akademik pada mahasiswa. Educational Psychology Journal 2(1): 13-21.

Purwatmiasih, F., Sudrajat dan Oktavia, R. 2021. Academic Fraud in Online System during the COVID-19 Pandemic: Evidence from Lampung - Indonesia. Asian Journal of Economics, Business and Accounting 21(2): 34-52.

Putra, T.M. 2019. Pelayanan Publik dan Ketahanan Nasional. Jakarta: Gramedia Widiarsana Indonesia.

Rahmadina, L.H dan Hapsari A.N.S. 2020. Fraud Triangle Sebagai Motif Niat Melakukan Kecurangan Akademik. AkMen Jurnal Ilmiah 17(1): 77-89.

Ramadhan, P.A. dan Ruhiyat, E. 2020. Kecurangan Akademik: Fraud Diamond, Perilaku Tidak Jujur, Dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia 3(1): 13-25.

Saidina, D.A., Nurhidayati dan Mawardi, M.C. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kecurangan Akademik Dalam Perspektif Fraud Triangle Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi 6(1): 25-38.

Sholihin, M., dan Ratmono, D. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: ANDI.

Spiritmahasiswa. 2021. Minimnya Jumlah Maba yang mengikuti acara PKKMB 2021. https://spiritmahasiswa.trunojoyo.ac.id. (Accessed on 11 September 2021).

Susandra, F. dan Hartina, S. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kecenderungan Fraud Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Di Kota Bogor. Jurnal Akunida 3(2): 63–83.

Venkatesh, V. dan Brown, S.A. 2001. A Longitudinal Investigation of Personal Computers in Homes: Adoption Determinants and Emerging Challenges. MIS Quarterly 25(1): 71-102.

Vousinas, G.L. 2019. Advancing theory of fraud: The S.C.O.R.E. Model. Journal of Financial Crime 16(1): 372-381.

White, A. 2021. May You Live in Interesting Times: A Reflection on Academic Integrity and Accounting Assessment during COVID19 and Online Learning. Accounting Research Journal, 34(3): 304-312.

Widianto, A. dan Sari, Y.P. 2017. Deteksi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal Dengan Model Fraud Triangle. Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi 1(2): 87-99.

Yanuardianto, E. 2019. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pem-belajaran di MI). Jurnal Auladuna 1(2): 94-111.

Yasmin, A. dan Alfian, M. 2019. Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Melakukan Tindak Kecurangan Akademik Dengan Pendekatan Fraud Diamond Theory (Studi Pada Mahasiswa DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama). Journal & Proceeding FEB UNSOED 9(1): 431-437.

Zamzam, I., Mahdi, S.A.R. dan Ansar, R. 2017. Pengaruh Diamond Fraud Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Kecurangan Akademik (Studi Pada Mahasiswa S-1 Di Lingkungan Perguruan Tinggi Se Kota Ter-nate). Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban 3(2): 1-24.




DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v18i1.14605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 InFestasi

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.