EFEKTIVITAS PENERAPAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS BERPIKIR KRITIS DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER DI SMK N 2 BANGKALAN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Achmad, Arief. 2007. Memahami Berpikir Kritis. Tersedia di http://re-searchengines.com/1007arief3.html (artikel pendidikan)(artikel pendidikan). Diakses Tanggal 2 april 2019.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Fisher, Alec. 2001. Critical thinking. Cambridge: Cambridge University Press.
Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Handaka, dkk. 2016. Pemanfaatan Metode Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Belajar. Prosiding Seminar Nasional “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonimi Asean (MEA)”: 157-164. Yogyakarta. 20 Maret 2016: Prodi PGSD dan BK FKIP UAD.
Herminarto Sofyan. 2008. Pengembangan soft skills dan pembelajarannya. Makalah disajikan dalam Seminar Mencetak Guru Profesional dan Kreatif Bidang Vokasi, di Jurusan PTBB Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.______. Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). https://www.kemendikbud.go.id/main/files/download/7bdf2592741007e. (diakses 10 Agustus 2019)
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa – Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010b. Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksannaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kesuma, D., Triatna, C., Permana, J. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah DasarI. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Kolb, David A. 1984. Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Newyork: Prentice Hall
Mustaqim, burhan dan Ary Astuty. 2008. Matematika untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Depdiknas.
Neff, Thomas J & Citrin, James M. 1999. Lessons from the Top: In Search of America's Best Business Leaders. English: Crown Business
Nuhasanah, S, Adam malik dan D.Mulhayatiah. 2017. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika Vol.2 No.2: 58-62.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal KreanoVol.3 No.1: 59-72
Samani, muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya
Taufiqurrahman. 2018. Penganiayaan Guru oleh Siswa di Sampang.https://regional.kompas.com, (diakses 4 april 2019)
Tim Bina Matematika. 2007. Matematika Kelas Sekolah Dasar. Bogor:Yudhistira.
Trilling, Bernie and Charles, Fadel. 2009. 21st Century Skills, Learning for Life in Our Times.San Francisco:Jossey Bass
Wardani, Ningsih & Saputro. 2017. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Materi Struktur Kontrol Percabangan di SMKN 3 Bangkalan. Edutic Vol 4 No.1
Wijaya, cece. 2007. Pendidikan Remidial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung:Remaja Rosdakarya.
_____. 2016. Empat Perbaikan Kurikulum 2013. https://jendela.kemdikbud.go.id/home/downloadfile/?name=EDISI_3_2016.pdf. (Diakses 2 April 2019, pukul 13.57)
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v7i1.8925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.