SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PEMILIHAN SEKOLAH DASAR DENGAN METODE AHP STUDI KASUS SURABAYA BARAT

Suryo Atmojo, Suzana Dewi, Nurwahyudi Widhiyanta, Ruli Utami

Abstract


Pemilihan sekolah dengan tepat ialah salah satu langkah yang penting. Pilihan untuk sekolah saat ini, akan memengaruhi proses pendidikan serta masa depan. Pada proses pemilihan sekolah jika pilihannya tepat, hasil belajar yang didapat di sekolah akan menjadi modal dalam mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, serta akan memengaruhi bidang pekerjaan yang akan ditekuni. Banyaknya pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih sekolah khususnya sekolah dasar, menjadikan proses pemilihan sekolah pada saat ini menjadi proses yang tidak mudah. Banyaknya pilihan sekolah membuat orang tua dan anak bingung untuk memilih. Solusi pada masalah penentuan sekolah berdasarkan kriteria yang kompleks yaitu menggunakan sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan atau SPK ialah sebuah sistem dengan pendekatan sistematis, dengan proses awal yaitu pengumpulan fakta-fakta, penetapan kriteria keputusan guna memilih alternatif tindakan yang paling tepat sebagai solusi keputusan. Berdasarkan hal di atas, penulis tertarik melakukan pemilihan sekolah berdasarkan kriteria-kriteria yang diinginkan menggunakan metode AHP (analitycal hierarchy process). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat mempermudah pemilihan sekolah dasar sesuai dengan kriteria yang dipilih oleh wali murid. Dengan menggunakan metode AHP sesuai kriteria yang dipilih oleh user wali murid.


Full Text:

PDF

References


Aqli, I., Ratnawati, D. E., & Data, M. (2016). Sistem Rekomendasi Pemilihan Sekolah Menengah Atas Sederajat Kota Malang Menggunakan Metode AHP ELECTRE Dan TOPSIS. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4). https://doi.org/10.25126/jtiik.201634228

Ariyanti, R., Khairil, & Kanedi, I. (2015). Pemanfaatan Google Maps Api Pada Sistem Informasi Geografis Direktori Perguruan Tinggi Di Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 11(2).

Christian, A., Hesinto, S., & Agustina, A. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1). https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.278

Fitriana, A., & Widayani, T. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Dasar Islam di Pontianak. Creative Information Technology Journal, 4(1). https://doi.org/10.24076/citec.2016v4i1.94

Habiby, A., & Yamasari, Y. (2017). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus : TK Kusuma Putra Mojokerto). Jurnal Manajemen Informatika, 7(2).

Harahap, A. A. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARTINI UTAMA SEI RAMPAH ). Pelita Informatika Budi Darma, IX, Nomor.

Imantika, D., Bachtiar, F. A., Rokhmawati, R. I., Studi, P., Informasi, S., Komputer, F. I., Brawijaya, U., & Process, A. H. (2019). Penerapan metode k-means clustering dan analytical hierarchy process (ahp) untuk pengelompokan kinerja guru dan karyawan pada sma brawijaya smart school. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer J-PTIIK, 3(8).

Munthafa, A., & Mubarok, H. (2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi, 3(2).

Narti, N.-, Sriyadi, S., Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP. Jurnal Informatika, 6(1). https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5552

Ramadhani, H., Awaluddin, M., & Nugraha, A. (2016). APLIKASI WEBGIS UNTUK INFORMASI PERSEBARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KUDUS MENGGUNAKAN HERE MAP API. Jurnal Geodesi Undip, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v7i2.8383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License