Algoritma Apriori sebagai Penentu Pola Penjualan Produk Jeans

Yuli Astuti, Heni Novitasari

Abstract


Pada transaksi penjualan produk yang diminati sangat berpangaruh, sehingga pemilik toko harus bisa mengambil keputusan untuk menentukan jumlah barang yang harus disediakan pada tokonya. Salah satu kasus yang paling sering ditemui, yaitu apabila persediaan atau produksi barang dalam jumlah yang banyak, namun hasil  penjualan barang tersebut tidak sebanyak atau sebanding dengan produksi barang. Maka berdasarkan kasus ini, diperlukan sebuah perencanaan yang efektif baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek bergantung pada pola penjualan barangnya. Untuk menentukan pola penjualan digunakan algoritma Apriori untuk menghasilkan association rule dalam menentukan atau menyediakan stok barang sesuai kebutuhan konsumen  dalam masa mendatang yang lebih efektif. Pada penelitian ini menggunakan 150 data transaksi penjualan dengan cara melakukan pencarian pola penjualan dimana nilai minimal support sama confidence sebagai parameter yang dilihat berdasarkan frequents itemset tertinggi dimana nilai minimal support adalah 10 dan nilai confidence adalah 15, sesuai aturan asosiasi yang terbentuk, nilai tertinggi terdapat dalam produk penjulan chinos panjang dan jeans panjang dengan nilai minimal support 26,67% dan nilai confidence 44,94%. Nilai akurasi menggunakan metode confusion matrix dengan hasil akurasi  sebesar 83,33% pada aturan asosiasi dengan pengaturan nilai minimal support 10% dan minimum confidence 15%.


Keywords


Apriori, Pola Penjualan, Confusion Matrix, Association Rule, Confidence

Full Text:

PDF

References


Kohavi, R.; Provost, F. 1998. “On Applied Research in Machine Learning.” Columbia University, New York 30(In Editorial for the Special Issue on Applications of Machine Learning and the Knowledge Discovery Process).

Kusrini, and Emha Taufiq Luthfi. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi.

Pasa, Wahju Tjohjo Saputro; Ike Yunia. 2018. “Pendekatan Algoritma Aprioti Pada Data Mining Untuk Menentukan Pola Belanja Konsumen.” INTEK 1 No 1.

Rahayu, Helmanatun Nisa Wulandari ; Nur Wijayaning. 2014. “Pemanfaatan Algoritma Apriori Untuk Perancangan Ulang Tata Letak Barang Toko Busana.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI): 33–38.

Reza, Kennedi Tampubolon;Hoga Saragih;Bobby. 2013. “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan.” Informasi dana Teknologi Ilmiah(INTTI 1 No 1: 93–106.

Riyadi, Andri Agung. 2018. “Analisis Pola Belanja Pengunjung Mal Dengan Algoritma Apriori.” Pilar Nusa Mandiri 14 No 2: 195–99.

Sari, Eka Novita. 2013. “Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan.” Pelita Informatika Budi Darma IV No 3: 35–39.

Swastha, Basu. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i1.7416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License