PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN ANAK BERPRESTASI TINGKAT AUTIS DENGAN METODE ELECTRE

Dewi Wahyuni

Abstract


Yayasan Ananda Karsa Mandiri Medan merupakan tingkat pendidikan yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), memiliki peranan sangat penting dalam mengembangkan kepribadian anak melalui kecerdasan yang dimiliki agar nanti nya mereka dapat dipersiapkan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Sekolah anak autis ini merupakan lembaga pendidikan khusus diselenggarakan bagi peserta didik yang memasuki usia antara 6-12 tahun dengan memiliki tingkat kecerdasan luar biasa dan tersedia pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Anak autis pada usia 6-12 tahun ini umumnya memiliki masalah pada perilaku non normatif yang dapat dilihat dari tingkat perkembangannya yaitu mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri ketika belajar (tidak konsentrasi) maupun dalam beraktivitas pada lingkungan sosialnya baik disekolah atau dirumah. Agar dapat diketahui dengan pasti apakah anak autis ini dapat berprestasi atau tidak di sekolah nya, maka terdapat beberapa kriteria tertentu yang perlu dipahami oleh pendidik dalam memberikan penilaian mencakup segala aspek melalui penggunaan metode electre. Metode electre merupakan salah satu metode dengan menentukan urutan serta menghasilkan keputusan dari berbagai alternatif dalam MCDM (Multi Criterion Decision Making) dengan menggabungkan seluruh data melalui bobot penilaian yang diperoleh dari hasil tes. Melalui metode electre ini diharapkan nantinya penelitian ini dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan anak berprestasi tingkat autis.


Full Text:

PDF

References


Arzoo, M. K., Prof, A., & Rathod, K. (2017). K-Means algorithm with different distance metrics in spatial data mining with uses of NetBeans IDE 8. 2. Int. Res. J. Eng. Technol, 4(4), 2363–2368.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Simangunsong, P. B. N., & Sinaga, S. B. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi. Yayasan Kita Menulis.

Sundari, S., Sinaga, S. M., Damanik, I. S., & Wanto, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Olimpiade Matematika SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Dengan Metode Electre. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).

Tambunan, H. A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode Electre. Vol, 7, 131–135.

Yunita, Y., Efendi, R., & Sazaki, Y. (2018). Group Decision Support System (GDSS) Menggunakan Metode Electre dan Copeland Score dalam Menentukan Siswa Berprestasi. Teknomatika, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.7142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License