PERANCANGAN PORTAL E-LEARNING MENGGUNAKAN DRUPAL CMS SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMIC COVID-19

Selli Mariko

Abstract


Awal tahun 2020 Indonesia dan dunia menghadapi sebuah krisis global karena pandemic virus corona atau Covid-19. Dunia pendidikan tidak luput merasakan dampak akibat wabah virus Covid-19 yaitu dengan diberlakukan semi lock down oleh pemerintah. Oleh karena itu, seluruh kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak dilarang oleh pemerintah. Keadaan ini tidak memungkinkan untuk dosen melakukan kewajibannya terkait dengan tridharma. Dosen tidak diperkenankan mengikuti kegiatan ilmiah seperti seminar nasional, diskusi panel maupun forum ilmiah lainnya. Keadaan yang paling parah adalah kegiatan perkuliahan tatap muka di kelas yang ditiadakan selama hampir satu semester. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh dosen dalam mengganti kegiatan perkuliahan tatap muka di kelas. Solusi yang ditawarkan penulis dalam artikel ini adalah membuat portal e-Learning yang dibangun menggunakan Drupal CMS. Perangkat teknologi ini memungkinkan interaksi antara dosen dan mahasiswa tanpa batasan ruang dan waktu. Metode penelitian dan pengembangan sistem yang digunakan System Development Life Cycle (SDLC) yang dikembangkan dengan metode prototyping. Adapun manfaat dari hasil penelitian ini adalah: 1. Dosen dapat menuntaskan materi perkuliahan; 2. Mahasiswa dapat mengakses materi dan mendapatkan feedback secara langsung dari dosen; 3. Dosen dapat melakukan penilaian melalui instrumen tes secara online dan mengumpulkan tugas mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Courts, B. & Tucker, J. (2012). Using Technology To Create A Dynamic Classroom Experience. Journal of College Teaching & Learning, 09(02), 121-128.

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Horton, W. (2006). e-Learning By Design. San Francisco: Pfeiffer A Wiley Imprint.

Islamiyah, M. & Widayanti, L. (2016). Efektifitas Pemanfaatan e-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA, 10(01), 41-46.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: PRENADA GROUP.

Khairunnisa, A. dkk. (2015). Efektivitas Penerapan Model e-Learning Pada Materi Keperawatan Bencana Dasar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Banda Aceh. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA), 02(03), 1-8.

Khazaal, H.F. et all. (2014). e-Learning And Instructional Management System Based On Local Computer Networks And Internet. Journal of College Teaching & Learning, 11(03), 115-133.

Kusmana, A. (2011). e-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Lentera Pendidikan, 14(01), 35-51.

Littlejohn, A. & Pegler, C. (2007). Preparing for Blended e-Learning. New York: Routledge Taylor and Francis Group.

Mason, R. & Rennie, F. (2010). e-Learning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet. Yogyakarta: Pustaka Baca.

Prawiradilaga, D.S., dkk. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan e-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shandyastini, N.M. & Novianti, K.D.P. (2016). Analisis e-Learning STMIK STIKOM Bali Menggunakan Techonology Acceptance Model. Jurnal Teknoif, 04(02), 1-6.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.7099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.