PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN KONSEP TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 1 LABANG

Evi Arviani, Muchamad Arif, Puji Rahayu Ningsih

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum learning konsep TANDUR terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang yang dilihat dari: 1) hasil belajar siswa; 2) aktivitas guru dan aktivitas siswa; dan 3) respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini  merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive, yaitu pada kelas X TKJ yang berjumlah dari 60 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Instrumen yang di gunakan adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan dan angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh  rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 74,82 dan posttest kelas kontrol sebesar 69,19. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh thitung = 2,285 kurang dari tabel = 2,052, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model quantum learning konsep TANDUR terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang. Hal ini diperkuat dengan hasil observasi aktivitas guru sebesar  71% dengan kategori baik dan aktivitas siswa sebesar 71,4% yaitu kategori baik. Perhitungan angket respon diperoleh hasil 78% dengan kategori baik.
 
Kata Kunci : Pengaruh, quntum learning, konsep TANDUR, Hasil Belajar
 
Abstract  This study aims to determine the effect of quantum learning model of TANDUR on students' cognitive learning outcomes on the subjects of class X TKJ computer system at SMK Negeri 1 Labang viewed from: 1) students’ learning outcomes; 2) teacher activity and student activity; 3) student response in learning. This research is a quantitative research using Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group research design. The sample of this study are Purposive Sampling, those are students of class X SMK Negeri 1 Labang as many as 60 students. Then divided into two groups namely the experimental group amounted to 29 students and the control group amounted to 31 students. The instrument in this results of learning in the form of pretest and posttest, teacher activity observation sheet, student activity observation sheet and and student response questionnaire are used as the instruments. The result showed that the average of experimental group posttest learning result was 74,82 and control group posttest was 69,19.Based on the results of statistical tests implicatly obtained= 2.285 less than ttable = 2.052, then Ho is rejected because the count is greater than ttable and Ha accepted, it means there is a significant influence on the use of quantum learning model of TANDUR consept on the student  learning results of the computer system subjects in class X TKJ  at SMK N 1 Labang. On the sheet of activity was 71% with good category and activity student was 71,4% with good category.then  student response questionnaire was 78% with good category.
 
Keywords: Influence, quntum learning, concept of TANDUR, Learning Result

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Asrori, Muhammad. 2012. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2016. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. Haryanto, Agus Tri dan Taufik Lilo Adi Sucipto. 2013. Sistem Komputer. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif

Hitipeuw, Imanuel. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Karim,Arrohman, Nur. 2017. Pengaruh Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Najmah, Zulfatun. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran PemrogramanDasar Di SMKN 1 Sumenep. Skripsi. Universitas Trunojoyo Madura.

Nanda, Alifyana, Nindya. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Operasi Kelas X TKJ SMK Nurul Amanah Bangkalan. Skripsi. Universitas Trunojoyo Madura.

Nuha, Zulfa, Ulin. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer di SMKN 2 Bangkalan. Skripsi. Universitas Trunojoyo Madura.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Ramansyah, Wanda. 2012. Strategi Pembelajaran. Bangkalan: UTM PRESS. Rasyid, Al Harun dan Mujtahidin. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Bangkalan: UTM PRESS.

Rosyidi, Natsir. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Software Computer Algebraic System (CAS )Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi

Belajar Siswa SMA Kabupaten Sragen. Tesis. Universitas Sebelas Maret.

Santoso, Budi (Ed./Eds.). 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, Syofian. 2017. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License