PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI ROUTING STATIS

Asti Amalina Puspitaningrum, Endar Suprih Wihidayat, Pusanda Hatta

Abstract


Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan materi Routing Statis. Penelitian ini dilaksanakan karena peserta didik masih sulit untuk memahami materi dan perlu adanya alternatif lain untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari, salah satu alternatifnya adalah penggunaan teknologi untuk pendidikan yaitu dengan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, tahap pertama adalah tahap pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE. Tahap kedua adalah kelayakan media pembelajaran berbasis android yaitu dinilai oleh Ahli Media, Ahli Materi, dan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pengembangan media pembelajaran berbasis android adalah aplikasi media pembelajaran yang dikembangkan sudah baik dan dapat membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Pada tahap kelayakan aplikasi media pembelajaran didapatkan hasil dari Ahli Media yaitu Sangat Baik, Ahli Materi yaitu Baik, dan Respon peserta didik yaitu Baik.
 
Kata Kunci:  Media Pembelajaran Berbasis Android, ADDIE, Routing Statis  
 
Abstract This study aims to develop and find out the feasibility of android-based learning media on the subjects of Network Infrastructure Administration, Static Routing material. This research was carried out because students were difficult to understand the material and there needed to be other alternatives to help students understand the material being studied, one of the alternatives was the use of technology for education by using smartphones as learning media. This study is a research and development. This research consists of two stages, the first stage is the development stage of android-based learning media using the ADDIE development. The second stage is the feasibility of android-based learning media, namely by media experts, material experts, and student responses.. Based on the results of the study at the stage of development of android-based learning media is the application of learning media developed has been good and can help students to understand learning material. At the stage of the feasibility of the application of learning media, the results obtained from Media Experts are Very Good, Material Experts are Good, and the Student's response is Good.
 
Keywords: Android-Based Learning Media, ADDIE, Static Routing

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA [1] Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. [2] Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118–124. [3] Indaryati, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V, Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. [4] Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman

Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu, Jurnal Exacta, X(1), 1–10. [5] Krisnawan, I. B. D. (2014). Rancang Bangun Game Edukasi “ Lawar Bali ” pada Platform Android, Merpati, 2(1), 58–66. [6] Sastrawangsa, G., Harsemadi, I. G., & Surya, M. U. (2017). Mobile Game 2D Side Scrolling Swarnangkara si Penjaga Hutan, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 4(4), 25–30. [7]Asmiatun, S., & Putri, A. N. (2017). Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. Yogyakarta: Deepublish. [8] Kurniawan, A. (2013). Seni Belajar Mandiri: Pemograman C# Untuk Pemula. Berlin,Jerman: People Enterprise Press. [9] Wibowo, A. G., & Wicaksono, A. P. (2012). Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra ( An Application Design for Determining the Shortest Path of Hospital in Purbalingga Using Dijkstra Algorithm Method ), Jurnal Informatika,II(1), 21–35. [10] Patwiyanto, Wahyuni, S., & Prasetyo, S. A. (2018). Administrasi Infrastruktur Jaringan Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License