MEDIA EDUKASI PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK (TK) BERBASIS ANDROID BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Aslam Fathkudin, Desvita Ayuningtyas, Teguh Satrio

Abstract


ABSTRAK

 

Media edukasi sangat menarik untuk dikembangkan serta berguna untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman anak dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah adanya animasi yang menarik, sehingga peserta didik dapat mengingat materi pembelajaran dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional. Untuk menciptakan generasi yang bekualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini. Proses pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) saat ini sudah menggunakan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian otentik. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran diupayakan dapat membangun gagasan untuk mengekspresikan kebebasan, imajinasi dan kreativitas sehingga dapat mengembangkan nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni sesuai dengan prisip-prinsip perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media edukasi untuk peserta didik TK berbasis android berdasarkan kurikulum 2013. Dalam pembangunan Media edukasi ini penulis menggunakan framework React Native, bahasa pemprograman PHP sebagai back-end, MySQL sebagai database, serta Android SDK untuk mem-build aplikasi menjadi bentuk apk. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu Media Edukasi yang telah dibuat berisi berbagai macam gambar sesuai tema dan sub tema yang ada pada semester 1 TK yang sesuai dengan kurikulum PAUD 2013 yang dapat memudahkan peserta didik TK dalam belajar mengingat kembali materi yang telah diberikan Guru TK di sekolah.

 

Kata Kunci : Media Edukasi, Peserta Didik, TK , Android dan React Native.

 

ABSTRACT

 

Educational media are very interesting to develop and are useful to improve children's memory and understanding compared to conventional teaching methods. One significant advantage is the presence of interesting animations, so students can remember the learning material in a longer time compared to conventional teaching methods. To create a quality generation, education must be done from an early age. The kindergarten education process is currently using the 2013 curriculum using a scientific approach and authentic assessment. The scientific approach in learning can strive to build ideas to express freedom, imagination and creativity so as to develop religious and moral values, motor skills, cognitive, language, social emotional and arts in accordance with the principles of child development. The purpose of this study is to create educational media for Android-based kindergarten students based on the 2013 curriculum. In the development of this educational media the authors use the React Native framework, PHP programming language as a back-end, MySQL as a database, and the Android SDK to build applications into APK forms. Conclusions from the results of this study are educational media that have been made containing various kinds of images according to the themes and sub themes that existed in semester 1 of kindergarten in accordance with the 2013 PAUD curriculum which can facilitate kindergarten students in learning to recall the material given by kindergarten teachers in schools .

 

Keywords: Educational Media, Students, Kindergarten, Android and React Native.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Carolina, R., 2016. Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Bermain dan Belajar pada Anak usia dini berbasis Android. Artikel Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Ely, G., 2012, Media Edukasi, Jakarta : Referensi Jakarta.

Irfansyah, J., 2017. Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augumented Reality Berbasis Android, JIEET, Vol. 1, No. 1, pp. 9 -17.

Kadir, A., 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Khotimah, N., 2008. PERKEMBANGAN DAN VERSI ANDROID DARI WAKTU KE WAKTU. [Online]

Available at:https://www.androidku.com[Diakses 29 JUNI 2019].

Permendikbud nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD

Wahyuni, A. S., 2016. apa itu ionic framework. [Online]

Available at: https://www.codepolitan.com /apa-itu-ionic-framework-57baac4756622-17924

[Diakses 23 juni 2019].




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License