SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE MOORA (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Laili Cahyani, Muchamad Arif, Fitria Ningsih

Abstract


Abstrak

 

Pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan seleksi yang dilakukan hampir di tiap Universitas, termasuk Universitas Trunojoyo Madura. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura mengadakan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas untuk menjaring mahasiswa berprestasi yang nantinya akan dikirim ke tingkat Universitas. Oleh karena itu, dibuat Sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi menggunakan metode MOORA dengan studi kasus di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura. Pembuatan sistem ini dilakukan karena sebelumnya proses seleksi masih dilakukan secara manual yang memiliki resiko subjektifitas tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA). Kriteria yang digunakan dalam penentuan mahasiswa berprestasi adalah IPK, Bahasa Asing, KTI, Prestasi, dan Kepribadian (atribut tambahan). Hasil yang diperoleh dari sistem berbeda dengan hasil yang diperoleh dari seleksi secara manual. 3 data alternatif teratas pada sistem sama dengan hasil seleksi secara manual, namun memiliki urutan yang berbeda.  

 

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA), Pilmapres.

 

Abstract

 

            The selection of outstanding students is a selection carried out in almost every University, including the University of Trunojoyo Madura. The University of Trunojoyo Madura Faculty of Education held a selection of outstanding students at the Faculty level to attract outstanding students who would later be sent to the University level. Therefore, a decision support system for the selection of high achieving students was made using the MOORA method with a case study at the Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Making this system is done because previously the selection process was still done manually which has a high risk of subjectivity. The method used in this study is Multi Objective Optimization on the Base of Ratio Analysis (MOORA). The criteria used are GPA, Foreign Language, KTI, Achievement, and Personality (additional attributes). The results obtained from the system are different from the results obtained from the manual selection. The top 3 alternative data on the system are the same as the selection results manually, but have different sequences.

 

 

Keywords: Decision Support System, Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA), Pilmapres.

Full Text:

PDF

References


Daftar pustaka

Ristekdikti. 2017. ”Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Program Diploma”. Jakarta:2017

Susanto, Hendri. 2018. ”Penerapam Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dalam pendukung Keputusan Pemilihan Susu GYM Terbaik untuk Menambah Masa otot”. Majalah Ilmiah INTI.Vol 13.No 1.

Tumanggor, Hotmoko. dkk. 2018. ”Penerapan Metode VIKOR dalam penentuan Penerima Dana Bantuan Rumah Tidak Layak Huni”. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Vol 5. No 1.

Suwardika, Gede & Suniantara, I Ketut Putu. 2018. ”Penerapan Metode VIKOR pada Pengambilan Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Terbuka”. Intensif. Vol 2. No 1.

Kusuma, Ardi. dkk. 2018. ”Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa/I Teladan dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analisis (MOORA)”. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Vol 5 No 2.

Risnasari, Medika. Cahyani, Laili. 2018. “Rekomendasi Penerima Beasiswa Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS”. Jurnal Infomedia Vol. 3 No. 1

Gadakh, V.S. 2011. ”Application of MOORA Method for Parametric Optimization of Milling Process”. Internastional journal of Applied Engineering Research, Dindigul. Vol 1. No 4.

Pressman, Roger S. 2005. Software Engineering A Practitioner’s Aprroach. Singapore: McGraw-Hill Education.

Subakti, Irfan. 2002. Sistem Pendukung Keputusan. ITS Surabaya




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v5i2.5354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.