ANALISA METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) UNTUK PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI PADA KAMPUS STMIK MIC CIKARANG

Bei Harira Irawan

Abstract


Proses penentuan mahasiswa berprestasi di Kampus STMIK MIC Cikarang memerlukan proses panjang dan ditentukan hanya berdasarkan parameter IPK saja. Pada penelitian ini digunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk membantu memberikan keputusan alternatif mahasiswa berprestasi dengan kriteria IPK, keaktifan di organisasi, absensi kuliah, prestasi atau kemampuan yang diunggulkan dan pernah atau belum mendapatkan beasiswa. Mahasiswa yang diteliti terdiri dari 5 yang terdiri dari 2 orang aktifis BEM dan 3 orang bukan aktifis BEM pada Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Hasil yang didapat dari hasil kali eigen vector sub kriteria dengan eigen vector rasio konsistensi didapat bahwa peringkat tertinggi dicapai oleh mahasiswa dengan nilai absen kuliah paling baik yaitu (0,0962), lalu IPK (0,0954), kemampuan/prestasi yang diunggulkan (0,0923), keaktifan di organisasi (0,009), dan beasiswa (0,0072)

Full Text:

PDF

References


Apip Supriadi, dkk. (2018). Analytical Hierarchy Process (AHP): Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Yogyakarta: Deepublish.

Dyah, N.R, dan Maulana, A. (2009). Sistem Pendukung Keputusan Perencanaan Strategis Kinerja Instansi Pemerintah Menggunakan Metode AHP (Studi kasus Deperindag). Jurnal Informatika, Vol 3 No.2.

Kadarsah Suryadi., IR. M. Ramdhani Ali, M.T. (2002). Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi Dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sri Nurhayati, Sri Supatmi. (2012). Penerapan AHP Untuk Seleksi Mahasiswa Berprestasi. Majalah Ilmiah Unikom, Vol 12 No 2.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v5i2.5119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License