PENGARUH HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMKN 4 BANJARBARU
Abstract
Perilaku kewirausahaan merupakan salah satu aspek yang dapat mendukung kesiapan peserta didi SMK dalam menghadapi dunia kerja nantinya, terutama bagi mereka yang ingin berkutat dalam dunia wirausaha. Perilaku kewirausahaan sendiri dapat terbentuk dari faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat membentuk perilaku kewirausahaan peserta didik yaitu melalui pembelajaran yang didapatkan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar dua mata pelajaran yaitu kewirausahaan dan desain multimedia interaktif terhadap perilaku kewirausahaan peserta didik kelas XI Multimedia di SMKN 4 Banjarbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian yang dikumpulkan adalah hasil belajar peserta didik yang berupa nilai rapor dan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh positif hasil belajar kewirausahaan terhadap perilaku kewirausahaan peserta didik sebesar 9,6% dengan sig 0,017 kurang dari 0,05. Kedua, terdapat pengaruh positif hasil belajar desain multimedia interaktif terhadap perilkau kewirausahaan peserta didik sebesar 8,0% dengan sig 0,030 kurang dari 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh hasil belajar kewirausahaan dan desain multimedia interaktif secara bersamaan terhadap perilkau kewirausahaan peserta didik sebesar 13,6% dengan Fhitung = 4,414. lebih dari F0,05;2;56 = 3,16.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v5i2.4557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ratna Dwi Milandari, Basori Abu Ghaza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.