PERBEDAAN RERATA HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DIBANDINGKAN DENGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MODUL PADA SISWA KELAS X TKJ DI SMKN 10 MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Pemrograman Dasar berbantuan modul di SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian pada kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran Mind Mapping berjumlah 28 siswa dan kelas eksperimen 2 yang menerapakan model pembelajaran Team Assisted Individualization berjumlah 29 siswa. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotorik setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran pemrograman dasar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v5i1.4284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.