PENGEMBANGAN MULTIMEDIAPEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3PADA KELAS 1 SDN BANCARAN 3 BANGKALAN

Wanda Ramansyah

Abstract


Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik Kelas 1 di Sekolah Dasar. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini terdapat bab yang membahas tentang Bersih itu Sehat. Bab ini membahas tentang bersuci dan perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci. Dilihat dari karakter pembelajarannya maka materi dalam mata pelajaran ini banyak membahas pergerakan dalam bersuci. Permasalahan muncul karena belajar menggunakan buku dirasa kurang baik karena hanya menyajikan gambar diam. Multimedia pembelajaran interaktif akan menyelesaikan permasalahan ini dengan menyediakan animasi bergerak tentang pergerakan bersuci. Dengan adanya multimedia pembelajaran interaktif maka siswa akan lebih mudah dan cepat memahami materi pelajaran, selain itu proses pembelajaran akan lebih menarik.

Full Text:

PDF

References


Anwas, Oos M. 2003. Model Inovasi E-Learning Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Teknodik: Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Degeng, I Nyoman, S. 1989. Teori Pembelajaran 1: Taksonomi Variabel. Malang: Universitas Negeri Malang.

Degeng, I Nyoman, S. 1990. Teori Pembelajaran 2: Terapan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Degeng, I Nyoman, S. 1994. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya Malang: Universitas Negeri Malang.

Hartanto, Antonius Aditya dan Onno W. Purbo. 2002. E-Learning berbasis PHP dan MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kemp, Jerrold E., dan Dayton, Deane K. 1985. Planning And Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publisher Inc.

Ramansyah, Wanda. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Mata Diklat Dasar-Dasar Mesin. Tesis tidak diterbitkan. PPS Universitas Negeri Malang.

Richard A. Schwier dan Earl R. Misanchuk. (1993). Interactive Multimedia Instruction. New Jersey : Educational Technology Publications.

Rob Phillips. (1997). The Developer’s Handbooks to Interactive Multimedia: A Practice Guide for Educational Applications. London: Kogan Page Limited.

Sadiman, Arief, S. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saepudin, Asep. 2003. Penerapan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Masyarakat. Jurnal Teknodik: Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Seels, Barbara., dan Glasgow, Zita. 1998. Making Instructional Design Decisions. NewJersey: Prentice Hall Inc.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Indeks.

Smaldino, Sharon E. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Education Ltd.

Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar E-Learning: Teori Dan Aplikasinya Di Indonesia. Jurnal Teknodik: Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Youtube.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License