SCAFFOLDING PADA PENYELESAIAN SOAL NON RUTIN TELESCOPIC
Abstract
Abstrak
Penelitian inimerupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses scaffolding yang diberikan untuk menyelesaikan soal non rutin materi telescopic. Materi telescopicadalah salah satu bentuk pengembangan dari materi barisan dan deret yangsering ada disoal Olimpiade Sains Nasional. Berdasarkan hasil penelitian,peserta didik dapat memahami masalah dan dapat merekonstruksi bentuk deret menjadibentuktelescopic. Scaffolding yang diberikan adalah pada level 2 yaituexplaining (menjelaskan), reviewing (meninjau ulang), dan restucturing (membangun ulang pemahaman). Pemberian scaffolding pada level tertentu didasarkan pada hasil selesaian soal non rutin yang sudah dikerjakan oleh subyek penelitianberguna untuk membantu peserta didik dalam mengurangi kesalahan rekontruksi yang dibuat.Scaffolding juga diharapkan membantu peserta didik mengelaborasi pengetahuan yang dimilikinya agar semakin berkembang.
Kata Kunci: OSN,scaffolding, soal non rutin, telescopic.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Anghileri, Julia. (2006). Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. In Journal of Mathematics Teacher Education. Vol 9 : 33-52
Damayanti, Nia Wahyu. (2017). Praktik Pemberian Scaffolding oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar (SBM) Matematika. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Likhitapradnya. Vol 18 : 85-95
Erdogan, A. (2015). Turkish Primary School Students’ Strategies in Solving Non-Routine Mathematical Problem and Some Implications for the Curriculum Design and Implementation. International Journal for Mathematics Teaching and Learning (), pp. 1–27. Diakses 10 Maret 2016, dari http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/erdogan.pdf.
Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Penerbit Erlangga
Sains, Olimpiade Sains Nasional. (2016). Mei. Mengembalikan Integritas dalam Pendidikan. Hal 1-25
Simanungkalit, Rick Hunter. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol. 1, No. 1, Juli 2016. Hal 39 – 56.
Suandito, Billy. (2009). Pengembangan Soal Matematika Non Rutin di SMA Xaverius 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, vol 3, No 2, Desember 2009. Hal 1 - 13
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v4i2.3952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sizillia Noranda Mayangsari, Liza Tridiana Mahardhika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.