PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

KHARSIMA FEBRY ANDIKA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. (2) Pengaruh prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.(3) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan mahasiswa dalam organisasi ), prestasi belajar (X), dan kesiapan kerja (Y). Populasi ada 166 mahasiswa PTIK angkatan 2014 2015 dan 2016. Teknik sampling adalah simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 114 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan kerja. ( sama dengan 0.779 lebih dari atau sama dengan 0.1824 ; p value sama dengan 0.00 kurang dari 0.05). Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap kesiapan kerja. ( sama dengan 0.124 kurang dari atau sama dengan 0.1824 ; p value sama dengan 0.188 kurang dari 0.05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. ( sama dengan 89.243 lebih dari sama dengan 3.08)   

Kata kunci: Keaktifan, Prestasi Belajar, Kesiapan Kerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v4i2.3670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License