Game Edukasi Numerasi (GENerasi): Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi pada Materi Tekanan Zat Benda bagi siswa SMPN 1 Kwanyar
Abstract
Fisika merupakan bidang ilmu sains yang bersifat abstrak sehingga siswa kesulitan memahami materi. Kesulitan siswa meliputi pemahaman konsep, simbol, rumus, dan menghitung. Hal ini dikarenakan karakteristik pembelajaran fisika berupa kemampuan numerasi. Selama ini kemampuan numerasi siswa masih tergolong rendah, selai itu belum terdapat media menarik seperti game edukasi sebagai bahan belajar mandiri siswa. Penelitian ini ingin menguji peningkatan kemampuan numerasi menggunakan game edukasi numerasi (GENerasi) pada materi tekanan zat benda bagi SMPN 1 Kwanyar. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan tipe one shot pretest-post design. Sampel penelitian ini sejumlah 23 siswa kelas VIII E yang diambil dengan teknik purposive sample. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan numerasi pada materi tekanan suhu. Data dianalisis dengan uji t dengan IBM SPSS version 25 untuk mengetahui pengaruh GENerasi terhadap kemampuan numerasi sedangkan peningkatan hasil diuji menggunakan N-Gain Skor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor N-Gain mencapai 0,45 yang artinya kemampuan numerasi meningkat dalam kategori sedang. Hasil uji paired T-test dengan signifikansi 0.00 yang menunjukkan bahwa GENerasi mampu memberikan dampak secara signifikan terhadap kemampuan numerasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, S. D., Lutfi, A., & Budiyanto, M. (2015). Pengembangan Game Petualangan Sains Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Perpindahan Kalor. Surabaya: Jurnal Mahasiswa Indonesia UNESA.
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., & Suseni, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0.”. Makassar: CV Tohar Media.
Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., & Romdhoni, V. A. (2021, December). Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, pp. 333-339).
Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., Setiakarnawijaya, Y., & Antoro, B. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari,
Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta Timur: TIM GLN Kemendikbud.
Inafah, Durrotul Mufidah, and Sigit Dwi Saputro. "Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Scaffolding Untuk Menumbuhkan Kemampuan Numerasi Materi Gerak Lurus." Journal of Education and Informatics Research 5.2 (2024).
Katyagni, E. P., Ekawati, E. Y., & Budiharti, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Apper Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 13(1), 14-19.
Markus, Schwabe. 2019. The Programme for International Student. OECD Publishing.
Muhtarom, Adriliian, H., Huda, A. B. M. H., & Ribowo, M. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP. Tranformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 95–108.
Nasoha, S. R., Araiku, J., Yusup, M., Pratiwi, W. D., & Sriwijaya, U. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Informatika, 4(2), 49–61
Ningtias, R., Sholihah, N. Z., & Wahyuni, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Games Berburu Ubur-Ubur Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V Di SD Negeri 2 Gempolan. Pendas: Jurnal ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 463-471.
Puspita, J. A., & Setyawan, A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Kelas V SDN Socah 1 dengan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powtoon. Journal of Creative Student Research, 1(3), 417-421.
Rafanti, E., Yuhana, Y., & Pujiastuti, H. (2023). Pengembangan Game Edukasi “MATH-VILLAGE” Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika , 6(2), 150–160.
Saputro, S. D., Tamam, B., Rohmah, N., Saputro, A. K., Amil, A. J. U., & Salimi, M. (2025). Improving Students’ Cognitive Abilities and Motivation in Kinematics Material Through Egamerasi Media.
Suttrisno, S., Habibullah, R., & Ulya, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Math Garden dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Kelas II Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 934-943
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang sistem pembukuan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v12i1.30256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sigit Dwi Saputro, Sofan Mohammad Iqbal, Naelur Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.