Hubungan Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerbang Logika
Abstract
Keberhasilan dalam proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar pada materi gerbang logika kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Bangkalan, yaitu rendahnya minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan minat belajar dengan hasil belajar, (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar, (3) hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada materi gerbang logika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1 dan kelas X TKJ 2 Axioo yang terdiri dari 54 siswa, kemudian pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling jenis sampling total. Sampel penelitian sebanyak 54 siswa. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner dan tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) thitung = 10,0273 lebih besar dari ttabel = 2,00665 menunjukan ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar dengan koefisien determinasi sebesar 65,91%, (2) thitung = 10,1450 lebih besar dari ttabel = 2,00665 menunjukan ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dengan koefisien determinasi sebesar 66,43%, (3) thitung = 78,6233 lebih besar dari ttabel = 3,18 menunjukan ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 75,51.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminingtyas, M., & Dwi Wardhani, J. (2023). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Berbasis Portal Rumah Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 590–601. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.268
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTS Kelas Viii Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322
Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Petik, 7(1), 63–70. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Journal Homepage: Http://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika, 659.
Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18071
Sari, A. (2018). Pengaruh Minat Baca Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Mojosari. 6(3), 362–366.
Siregar, S. (2019). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Syafii, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.275
Taa, A. A., Liu, A. N. A. M., & Kaleka, M. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma. EduFisika, 6(1), 41–51. https://doi.org/10.22437/edufisika.v6i1.11475
Tanjung, Y. P. (2022). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di Mis Nurul Hikmah Ujung Padang. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 102–119. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13108
Tri Putra, A., Tampang, B., & Ponto, H. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Elektronika Dasar. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1040
Uno, H. (2021). Teori Motivasi & Pengukuranya (Tarmizi (ed.)). PT Bumi Aksara.
Vivin, Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276
Wahyuningsih, B. Y., & Sunni, M. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Otak Kanan dan Otak Kiri terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Palapa, 8(2), 351–368. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.885
Wijaya, Y. (2021). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi.Ipa.2 Sman 1 Muaro Jambi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 267–272. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i4.609
Yurnaliza, R., & Andayono, T. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Cived Jurusan Teknik Sipil , 6(4), 3–4.
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v12i1.30025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Desti Inul Fandi Lahagu, Muchamad Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.