ANALISIS KOMPONEN UTAMA PADA PENERAPAN APLIKASI PEMBELAJARAN METODE GLENN DOMAN

anik rufaidah, Muhammad afif effindi

Abstract


ABSTRAK

 

Analisis Komponen Utama adalah salah satu metode analisis multivariate, yang mana analisis ini digunakan untuk pengelompokan varibel-variabel yang mempunyai keragaman yang sama. Pada paper ini hasil aplikasi pembelajaran dengan metode Glenn Doman yang digunakan untuk anak usia balita. Data hasil pengamatan ini disebarkan dalam bentuk kuisioner kepada responden untuk menilai hasil aplikasi tersebut dengan sepuluh pertanyaan, yang mana pertanyaan ini dijadikan variabel-variabel untuk analisis komponen utama. Hasil dari analisis komponen utama didapat dua komponen yang dapat menerangkan keragaman dari data tersebut

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariffin Muhammad, Aplikasi Cara Belajar Membaca Alfabet pada Telepn Seluler Berbasis Android, Universitas Muhammadiyah, Jember.

Desi Puti A, (2016) Aplikasi Pengenalan Huruf dan Pembelajaan Membaca pada Balita Menggunakan Metde Glenn Dman Berbasis Android, STTQ, Gresik.

Fitrul Laily, Dinni., (2008), Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Belajar Membaca pada Anak Menggunakan Metode Glenn Doman, UIN, Malang.

Rancer, A. c(1995) Methods of Multivariate Anlysis, John Weley & sons, Neyw York.

Johnson, R.A. dan Wichern, D. W, (2002), Applied Multivariate Statistical Analysis, Pentice Hall Inc, New Jersey.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.