WEB SISTEM PAKAR PENDIAGNOSA PENYAKIT ANAK UMUM DAN HMFD MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR

Suryo Atmojo, Ruli Utami

Abstract


Abstrak

Sistem pakar merupakan sistem yang menerjemahkan keahlian manusia sehingga komputer dapat melakukan hal yang bisa dilakukan oleh pakar/ahli untuk memecahkan sebuah masalah khusus. System yang akan diusulkan adalah system yang mampu mengatasi masalah guna mendeteksi HMFD. Penyakit pada Tangan, penyakit kaki, dan penyakit mulut atau biasa disebut KTM merupakan virus umum yang biasanya menyerang bayi dan anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun. Namun begitu, virus ini juga dapat menyerang orang dewasa. Gejala KTM yaitu demam, sariawan, dan ruam-ruam pada kulit. Sistem ini dibuat untuk mendeteksi penyakit yang secara umum menyerang bayi dan HMFD menggunakan faktor kepastian dengan media web. Metode yang digunakan dalam mendeteksi HMFD dan penyakit bayi secara umum adalah certainty factor. Hasil dari sistem informasi ini adalah untuk memberikan informasi penyakit melalui gejala, pencegahan HMFD, dan solusi pengobatan penyakit umum pada bayi sesuai dengan tahapannya.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, HMFD

References


DAFTAR PUSTAKA

Andreyana, P. V., Piarsa, I. N., & Buana, P. W. (2015). Sistem Pakar Analisis Kepribadian Diri dengan Metode Certainty. MERPATI, 78.

Bria, Y. P., & Takung, E. S. (2015). Pengembangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tuberculosis Dan Demam Berdarah Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, (p. 271). Yogyakarta.

D. R., & A. H. (2014). sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi menggunakan metode forward chaining. Jurnal Computech & Bisnis, 43-48.

Hartati, Sri dan Sari Iswanti. 2008.Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Parhusip, J., Pranatawijaya, V. H., & D. P. (2012). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Seminar Nasional Informatika. Yogyakarta: UPN Veteran.

R. P., & Sumarno. (2015). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kanker Menggunakan Metode Certainty Factor. Simposium Nasional Teknologi Terapan, (p. 65).

S. S. (2015). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android. Jurnal TIMES, 35.

S. Y., Lulu, Y. D., & Sari, R. P. (2012). Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi. Pekanbaru: Politeknik Caltex .

Supartha, I. G., & Sari, I. N. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Pada Sapi Bali dengan Menggunakan MetodeForward chaining dan Certainty Factor. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 110.

Wahyu, A., Wiwik, A., & Ahmad, M. (2012). Pembuatan Sistem Pakar Untuk Pendeteksian dan Penanganan Dini Pada Penyakit Sapi Berbasis Mobile Android Dengan Kajian Kinerja Teknik Knowledge Representation. Jurnal Teknik ITS.

Wijaya, B., & Prasetyowati, M. I. (2012). Rancang Bangun Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Demam Typhoid dan Demam Berdarah Dengue dengan Metode Forward Chaining. Ultimatics vol 4, 17.

Yugianus, P., 2010. Pengembangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Stroke dan Pengobatannya menggunakan Metode Certainty Factor. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.