Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan

Siti Marti’ah

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini berusaha mengkaji tentang kajian deskripsi dari proses bisnis (entrepreneur) dengan menggunakan  basis teknologi (technopreneurship) dilihat dari aspek perspektif pendidikan . Secara deskripsi penelitian ini akan memberikan gambaran tentang  ber-entrepreneur  serta usaha kecil menengah dengan  menggunakan teknologi.  Dari segala sudut pandang, baik motivasi, kepemilikan, manajerial, ketenagakerjaan, dan sebagainya technopreneurship bisa diedukasi melalui dunia pendidikan sebagai dunia transformas, yaitu  ilmu mengembangkan kewirausahaan dengan menggunakan basis teknologi sebagai dasar berwirausaha. Teknoprenuership merupakan pengembangan dari konsep kewirausahaan. Wirausaha adalah salah satu jawaban untuk menjawab ketimpangan antara pertumbuhan penduduk usia produktif dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. Dunia pendidikan berkewajiban untuk dapat mencetak generasi – generasi yang memiliki kemandirian, termasuk kemandirian secara ekonomi. Sekolah, kampus juga media pendidikan informal lainnya bukan hanya berfungsi untuk berbagi ilmu dengan teori – teorinya maupun ketrampilan dengan praktek – prakteknya. Tetapi jika dikaitkan dengan masih rendahnya pemahaman dan minat tentang dunia wirausaha, dunia pendidikan dapat difungsikan juga sebagai media informasi untuk meningkatakan pemahaman dan minat anak didiknya pada dunia kewirausahaan. Mengkomunikasikan pentingnya teknologi dalam pengembangan entrepreneur menjadi tantangan dalam dunia pendidikan. Kajian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan. Paper ini merupakan sebuah konseptual paper yang  bersumber dari data skunder yang berasal dari publikasi terkait tema paper dan bertujuan untuk menggambarkan pentingnya mengenalkan technoprenuership melalui dunia pendidikan.

 

Kata Kunci: teknologi, entrepreneur, dan pendidikan

References


DAFTAR PUSTAKA

Anata, Firdaus, 2013, PENGARUH TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA, PDRB PERKAPITA, JUMLAH PENDUDUK DAN INDEX WILLIAMSON TERHADAP TINGKAT KRIMINALITAS (STUDI PADA 31 PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2007 - 2012), Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

Clelland, David MC. (1961). ENTREPRENEUR BEHAVIOR AND CHARACTERISTICS OF ENTREPRENEURS. The Achieving Society.

Estiningsih, Wening. Zainal, Arifin, HM, 2014, Technoprenuership; Challenge For Entrepreneurship Educational Development in Indonesia, Forum Tahunan Pengembangan Iptek dan Inovasi Nasional IV, LIPI, Tahun 2014

Kartadinata, Sunaryo, 2009, MEMBANGUN KEUTUHAN BANGSA MELALUI PENDIDIKAN DALAM BINGKAI UTUH SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Putri, Novita Delima, 2013, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN; Sebagai sebuah Tantangan Bagi Pengembangan Pendidikan Indonesia, Prossiding Seminar Nasional: Sustainable Competitive Advantages – 3. Unsoed, Purwokerto.

Susetyo, Heru dan Amanda,Putri Kusuma, 2011, Dampak Kependudukan Terhadap Kriminalitas dan Keamanan Individu, Ditdamduk BKKBN 2011.

Slamet, PH (2011), PERAN PENDIDIKAN VOKASI DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI, Cakrawala Pendidikan, Juni 2011, Th. XXX, No. 2.

Untari, Dhian Tyas. (2014). ECOPRENEURSHIP: Concept of Responsible Entrepreneurship. Malang: Prosiding 11th International Annual Symposium on Management.

Direktorat Akademik, Direkturat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. TECHNOPRENEURSHIP, Draft Buku Pegangan

Herwin Moppanga, Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Tekhnologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo, Journal Trikonomika, Volume.14 no.1 TH.2015




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.2927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.