RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID MEDIA PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN ADDIE

Ramlah Basyir

Abstract


ABSTRAK

 

Media pembelajaran interaktif, salah satunya yaitu pembelajaran kosa kata bahasa arab. Mengingat seberapa penting bahasa arab untuk seorang muslim sebagai proses awal untuk memahami Al-Qur’an. Sementara siswa terkadang kurang berminat dengan pembelajaran di kelas yang membuat mereka merasa bosan. Disamping itu, smartphone saat ini sudah sangat populer disetiap lapisan masyarakat, begitupun juga anak-anak. Oleh karena itu, agar smartphone dikalangan anak-anak bisa menjadi media yang tepat guna, dirancanglah sebuah aplikasi android media pembelajaran interaktif kosa kata bahasa arab. Model pendekatan yang dilakukan pada proses pembuatan media adalah ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu model desain sistem media pembelajaran dengan memperlihatkan tahapan-tahapan dasar media pembelajaran sederhana dan mudah dipelajari. Tampilan aplikasi kosa kata ini dapat tampil sempurna pada perangkat android dengan resolusi 480 x 800 pixels. Berdasarkan Evaluasi yang dilakukan dari sisi siswa yang berupa pertanyaan seputar materi pada aplikasi sebelum siswa menggunakan aplikasi dan setelah menggunakannya, siswa mampu meningkatkan hafalan kosa kata bahasa arab. Sedangkan hasil dari kuisioner yang telah diisi oleh edukator hampir keseluruhan menyatakan bahwa aplikasi ini layak digunakan seterusnya untuk membantu siswa menghafal kosa kata bahasa Arab. Dari responden tim edukator, 78% menyatakan sangat layak, sedangkan 22% menyatakan layak.

Kata Kunci : Media Pembelajaran,Interaktif, Bahasa Arab, ADDIE.

References


DAFTAR PUSTAKA

Fauziah, L. (2015). National Geographic. http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/10/smartphone-dan-ipad-baik-untuk-pertumbuhan-anak. Diakses pada tanggal 7 Maret 2016.

Haromain, I. (2009). Pedoman dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk RA/BA/TA. Surabaya: Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur.

Prayogo, H. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Alfabet Untuk Perangkat Mobile Android. Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.

Syamsul Aribowo, D. R. (2014). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Uswah Bergas.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek.

Sukenda. (2013). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Pemanasan Global dan Solusinya Menggunakan Pendekatan ADDIE.

Muhammad Rusdi Tanjung, T. F. (2014). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan dan Pembelajaran Origami dengan Pendekatan ADDIE. Seminar Nasional Informatika, 129.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i1.2599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.