Pengembangan dan Evaluasi VR Haji untuk Pembelajaran Manasik Haji dan Umrah dengan Pendekatan Immersion Interface
Abstract
Penggunaan Virtual Reality (VR) semakin banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan aplikasi VR yang dinamakan VR Haji untuk pembelajaran interaktif manasik haji dan umrah, menggunakan metode Rapid Application Design (RAD). Aplikasi ini dirancang dengan Blender dan Unity 3D, dan diimplementasikan pada perangkat Oculus Quest 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan calon jamaah haji melalui proses belajar yang lebih realistis dan immersif. Pengujian fungsionalitas (blackbox) menunjukkan tingkat keberhasilan 100%, sementara evaluasi oleh ahli media dan materi masing-masing memberikan skor rata-rata 93% dan 90%, yang tergolong dalam kategori sangat layak. Pengujian akhir menggunakan System Usability Scale (SUS) melibatkan 20 mahasiswa menghasilkan nilai rata-rata 64, menunjukkan bahwa aplikasi sudah cukup berguna namun masih ada ruang untuk perbaikan. Temuan ini menunjukkan bahwa teknologi VR dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran manasik haji dibandingkan metode konvensional, dengan memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan mendalam. Penelitian ini juga berkontribusi pada literatur terkait penggunaan teknologi VR dalam pendidikan agama, khususnya dalam menciptakan pengalaman belajar melalui VR Immersion Interface.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rani, M. K. A., & Ramli, S. (2022). Development of Tawaf Simulation in Hajj Training in the New Norms. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 7(SI7), 571–578. https://doi.org/10.21834/ebpj.v7isi7.3831
Abdullah, J., Mohd-Isa, W. N., & Samsudin, M. A. (2019). Virtual reality to improve group work skill and self-directed learning in problem-based learning narratives. Virtual Reality, 23(4), 461–471. https://doi.org/10.1007/s10055-019-00381-1
Adjis, M. P. et. al. (2021). Pengembangan Aplikasi Simulasi Haji Berbasis Mobile Menggunakan Teknologi Virtual Reality. E-Proceeding of Applied Science, 7(5).
Ali, M. (2018). Virtual Reality Manasik Haji Pada Platform Android Menggunakan Google Cardboard. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Andyani, P., Majidah, N. N., Maulifia, R. R., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Virtual Reality Sebagai Sarana Edukasi Dalam Mengenal Kabah Bagi Siswa Kelas 1 SD. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1335. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1074
Berger, H., & Beynon-Davies, P. (2009). The utility of rapid application development in large-scale, complex projects. Information Systems Journal, 19(6), 549–570.
Hidayat, M. A., Ikhwan, A., & Alda, M. (2023). Aplikasi Virtual Tour Manasik Haji Pada Asrama Haji Menggunakan Metode MDLC Berbasis Android. Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 3(5), 364–371.
Kabir, A. M., Nisa, S. T., & Khan, M. M. (2021a). A Virtual Reality (VR) Based Interactive and Educative Experience of Hajj and Umrah for the People of Bangladesh. 2021 IEEE 11th Annual Computing and Communication Workshop and Conference (CCWC), 0170–0173. https://doi.org/10.1109/CCWC51732.2021.9375915
Kabir, A. M., Nisa, S. T., & Khan, M. M. (2021b). A Virtual Reality (VR) Based Interactive and Educative Experience of Hajj and Umrah for the People of Bangladesh. 2021 IEEE 11th Annual Computing and Communication Workshop and Conference, CCWC 2021, 170–173. https://doi.org/10.1109/CCWC51732.2021.9375915
Madi, N. A. M., Albakry, N. S., & Ibrahim, N. (2020). AR mobile application in learning Hajj for children in Malaysia. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(16), 35–51. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i16.12807
Mariana, E., Wardany, K., & Novita, N. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.53696/27214834.70
Munshi, K. (2022). Virtual reality training for Hajj pilgrims as an innovative community translation dissemination medium. September.
Nugroho, A., Moeksin, A. G., Maula, A. I., & Widyasari, S. M. (2022). Analisis Kualitatif Persepsi Visuospasial Muslim Milenial Urban Indonesia Terhadap Manasik Haji/Umrah Virtual. Kartala, 2(1). https://doi.org/10.36080/ka.v2i1.1838
Rossa, H., Hudallah, N., Sunarko, B., & ... (2022). Virtual Reality-Based Hajj Manasik Practice Digitization System with 360 Degree Video. … Institute (BIRCI-Journal) …, 4956–4970.
Serin, H. (2020). Virtual Reality in Education from the Perspective of Teachers. Artificial Intelligence, 9, 291–303. https://doi.org/10.34069/ai/2020.26.02.33
Sidiq, P., & Mustafidah, H. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Manasik Haji Berbasis Virtual 3D. Sainteks, 16(1), 25–32. https://doi.org/10.30595/sainteks.v16i1.7014
Sumardani, D., Saraswati, R. R., Widiastuti, U., Komala, K., & Listyasari, W. D. (2021). The Free Hajj: Virtual Reality in Manasik Hajj Training Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 4(2), 191. https://doi.org/10.35723/ajie.v4i2.136
Sya’roni, W., & Yanuar, R. A. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Manasik Haji Berbasis Virtual Reality di SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi …, 3(3), 215–219. https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.5127
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i2.25810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.