Membangun Kemampuan Skill Analisis Pelacakan Kerusakan dan Perbaikan Laptop bagi siswa SMK
Abstract
Pelatihan kemampuan hard skill dan soft skill siswa SMK melalui analisis pelacakan dan perbaikan laptop bertujuan : 1) Membangun kompetensi skill siswa SMK baik hardware maupun software, 2) Pemberian kesempatan siswa SMK untuk berlatih dan eksperimen, 3) Mengakomodasikan kesulitan belajar siswa SMK melalui mekanisme umpan balik, 4) Memberikan pelatihan analisis pelacakan kerusakan dan perbaikan laptop yang mudah dipahami selaras dengan kompetensi dasar bidang keahlian elektronika/Komputer. Lama pelatihan selama 18 jam tatap muka dan 17 jam penugasan. Pelaksanaan kegiatan pelatihan diikuti oleh 20 siswa dari SMK Adi sumarmo colomadu dan SMKN Muhammadiyah 3 Karanganyar. Peserta pelatihan memiliki inovasi kreativitas berpikir yang baik dengan rerata skor 3,8 atau 75%. Keterampilan praktek yang dimiliki peserta pelatihan mencapai rerata skor 3,6 atau 72%. Program Pelatihan ini sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan kemandirian dengan baik mencapai rerata skor 4,0 atau 80%. Secara keseluruhan evaluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan berlangsung secara baik mencapai rerata skor 3,9 atau 77,1%. Selain itu penilaian terhadap instruktur pelatihan sebagai nara sumber atau instruktur mencapai rerata skor 4,2 atau 83,2 % dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa program pelatihan analisis kerusakan dan perbaikan laptop dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi siswa SMK. Kegiatan pelatihan ini sangat baik untuk memberikan tambahan kemampuan skill dan kompetensi lulusan SMK khususnya di bidang laptop yang siap bersaing di dunia kerja dan mandiri.
Kata Kunci: pelatihan, membangun kemampuan Skill siswa SMK, perbaikan Laptop
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i1.2562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Agus Efendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.