PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN TEMA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Wanda Ramansyah

Abstract


 

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tema Huruf Hijaiyah adalah mata pelajaran yang mengajarkan peserta didik tentang pengenalan Huruf Hijaiyah dan pelafalan Huruf Hijaiyah. Dilihat dari karakter pembelajarannya maka materi dalam mata pelajaran membahas tentang bentuk dan cara menyebut Huruf Hijaiyah. Permasalahan muncul karena belajar menggunakan buku dirasa kurang baik karena buku hanya menyajikan gambar bentuk huruf tanpa menampilkan suara cara membaca Huruf Hijaiyah yang benar. Multimedia pembelajaran interaktif akan menyelesaikan permasalahan ini dengan menyediakan animasi bergerak tentang Huruf Hijaiyah yang menyajikan visualisasi bentuk huruf diserta audio cara pelafalan huruf. Dengan adanya multimedia pembelajaran interaktif maka peserta didik akan lebih mudah dan cepat memahami materi pelajaran, selain itu proses pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan.

Kata Kunci: multimedia, interaktif, Huruf Hijaiyah




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i1.2558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.