Pengembangan E-Modul Berbasis CTL Materi Suhu dan Kalor Di Kelas XI SMA Negeri 1 Torjun

Syaidin Joyo Biroso, Sigit Dwi Saputro

Abstract


Buku merupakan sumber belajar yang memegang peranan penting kesuksesan dari peserta didik. Banyaknya visualisasi pada pembahasan suhu dan kalor tidak dapat difasilitasi oleh buku teks. Modul elektronik (E-Modul) menjadi penting untuk dapat menjelaskan suhu dan kalor secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul elektronik berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) materi suhu dan kalor di kelas XI  SMA. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang mempunyai beberapa tahapan seperti Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian siswa kelas XI SMAN 1 Torjun dengan instrument penelitian meliputi lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini memiliki kriteri sangat valid karena mendapatkan 88% dari ahli media, 84% dari ahli materi, 94,78% dari ahli konstruk, sedangkan dari uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 82.7% dan uji kelompok besar mendapatkan hasil 87,9% dengan kriteria interpretasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Modul berbasis CTL materi suhu dan kalor di kelas XI SMA layak digunakan.


Keywords


E-modul, suhu dan kalor, CTL

Full Text:

PDF PDF

References


Cholik, C (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di indonesia. Jurnal ilmiah indonesia, 2(6), 21–30.

Kalsum, U., Mustami, M. K., & Ismail, W. (2018). Pengembangan modul pembelajaran Biologi materi ekosistem berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 97-109.

Kementerian, & kebudayaan, p. Dan. (2020). Kemendikbud giatkan pembelajaran berbasis teknologi. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. Https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/kemendikbud-giatkan- pembelajaran-berbasis-teknologi

Liana, Y. R., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android menggunakan sigil software pada materi listrik dinamis. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 926-932).

Martin, M., Syamsuri, S., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 72-87.

Nurvitasari, U., Suyoto, S., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Journal on Teacher Education, 4(2), 314-323.

Oktapianti, D. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup (Doctoral dissertation, UIN FAS Bengkulu).

Sitompul, K. G., Sutarno, S., & Hamdani, D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk melatihkan kemampuan berpikir analisis siswa pada materi gelombang bunyi. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(1), 37-48.

Sriwahyuni, (2021). Pengembangan e-modul pembelajaran matematika berbasis flipbook maker dengan pendekatan kontekstual di MTs As'adiyah No. 31 Belawa Baru (doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Utaminingsih, S. (2019). Model Contextual Teaching and Learning. Universitas Muria Kudus: Kudus




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i1.23978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License