Implementasi Metode Hybrid Recommendation untuk Sistem Rekomendasi Mitra MSIB di Prodi Pendidikan Informatika

Nuru Aini, Muchamad Arif, Zulfah Binti Toyibah, Irka Tri Agustin

Abstract


Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (MSIB) merupakan bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang bertujuan menciptakan perubahan signifikan dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0. Kebijakan ini mendorong mahasiswa agar mengembangkan kemampuan hard skill maupun soft skill. Banyaknya pilihan mitra program MSIB yang ditawarkan, seringkali membuat mahasiswa merasa kesulitan dalam memilih program sesuai dengan kemampuan dan minat. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model sistem rekomendasi mitra MSIB di prodi Pendidikan Informatika berdasarkan bidang yang relevan. Metode yang digunakan dalam memberikan rekomendasi adalah Hybrid Recommendation. Metode ini menggabungkan pendekatan Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan mitra MSIB sesuai dengan bidang berdasarkan data nilai mata kuliah. Selain itu, minat mahasiswa juga dipertimbangkan menggunakan algoritma Item-based collaborative filtering untuk menghitung kesamaan pilihan mitra yang diberikan oleh mahasiswa. Evaluasi hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba algoritma Naïve Bayes dengan penghitungan confusion matrix dalam mengolah data nilai memperoleh hasil accuracy 85%, precision 88% dan recall 88%. Sedangkan untuk pengolahan kesamaan pilihan mahasiswa berupa data rating menggunakan algoritma Item-based Collaborative Filtering menggunakan pengujian MAE, diperoleh hasil evaluasi pada masing-masing bidang diantaranya pada bidang TKJ menghasilkan MAE sebesar 0,359, bidang RPL menghasilkan MAE sebesar 0,356, bidang MM menghasilkan MAE sebesar 0,396, dan bidang AI menghasilkan MAE sebesar 0,409.

Keywords


sistem rekomendasi; hybrid recommendation; naïve bayes; item-based collaborative filtering

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Elnursa, D. B., Nofriana, V., Syamsuri, A, & Cahyani, L. (2023). Sistem Rekomendasi Pemilihan Program MSIB Bagi Mahasiswa Pendidikan Informatika. 2(April), 1–4.

Hasanah, R. A., & Wijayanto, H. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Program Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT Progate Global Indonesia. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8.5.2017), 2003–2005.

Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. 747–758. https://doi.org/10.53695/SINTESA.V1I1.405

Muliadi, K. H., & Lestari, C. C. (2019). Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Tempat Makan Menggunakan Algoritma Typicality Based Collaborative Filtering Engineering of a Dining Place Recommendation System Using Typicality Based Collaborative Filtering Algorithm. Techno.COM, 18(4), 275–287.

Rahman, A., Sukmajati, D. C., Satispi, E., & Gunanto, D. (2023). SOSIOHUMANIORA : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Implementasi kebijakan pada program magang dan studi independen bersertifikat di Indonesia. 9(2), 266–291.

Rizky, M. I., Asror, I., & Murti, Y. R. (2020). Sistem Rekomendasi Program Studi untuk Siswa SMA Sederajat Menggunakan Metode Hybrid Recommendation dengan Content Based Filtering dan Collaborative Filtering. 32(2), 58–65.

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29–43.

Timor, S., & Nur, A. M. (2019). Data Mining Untuk Sistem Rekomendasi Pemilihan Buku Pada Perpustakaan. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas, IX(2), 56–67. Retrieved from http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1381

Utomo, B. T. W., & Anggriawan, A. W. (2015). Sistem Rekomendasi Paket Wisata Se-Malang Raya Menggunakan Metode Hybrid Content Based Dan Collaborative. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 9(1), 6–13.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i2.23920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nuru Aini, Muchamad Arif, Zulfah Binti Toyibah, Irka Tri Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License