UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL KELAS 1 MI DI TAUFIQ LAKARSANTRI SURABAYA
Abstract
Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang digunakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari kegiatan Pendidikan, politik hingga bisnis. Pembelajaran bahasa Indonesia berperan penting dalam Pendidikan, karena mata Pelajaran bahasa Indonesia menjadi sarana untuk bernalar dan berpikir kritis. Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia harus diimplementasikan dengan baik agar memperoleh hasil yang maksimal. Peneliti menemukan hasil belajar yang rendah pada materi merawat anggota tubuh mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah At Taufiq Lakarsantri Surabaya. Sebagai upaya melakukan perbaikan hasil belajar peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral Stephen Kemmis dan taggart dengan menggunakan media pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Pembelajaran Digital Kelas 1 MI At Taufiq Lakarsantri Surabaya. berdasarkan hasil penelitian diketahui ketuntasan klasikal pra siklus yaitu 50%, setelah diberi Tindakan pada Siklus I mengalami peningkatan hasil belajar menjadi 67% dan mengalami peningkatan kembali menjadi 88% setelah dilakukan Tindakan pada Siklus II. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kualifikasi cukup menjadi kualifikasi sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyantini, KY, & Tegeh, IM (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran , 5 (2), 250–259. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47146
Azizah, AB, Nisrina Huwaida, A., Asihaningtyas, F., & Fatharani, J. (2020). Konsep, Nilai, Moral dan Norma dalam Pembelajaran Ppkn SD. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial , 2 (1), 129–138. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Diansyah, AF, Sapdyanto, D., & ... (2021). Inovasi Pembelajaran Kreatif Untuk Siswa Kelas 1 Sd Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta Dengan Aplikasi Whiteboard Videoscribe …. Lomba Karya Tulis … , 191–202. https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/131%0Ahttps://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/download/131/77
Lida, UM, & Eliya, I. (2019). Peran Startup Digital “Ruangguru” Sebagai Metode Pembelajaran Jarak Jauh dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Edulingua , 6 (2), 5–16.
Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan , 2 (12), 1121–1126. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126
Maisarah, M., Lestari, TA, & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) , 2 (1), 65. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348
Nastiti, FE, & Abdu, ARN (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 5 (1), 61–66.
Sabarudin, S. (2022). Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi , 10 (1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347
Sholihah Rosmana, P., Iskandar, S., Ranisa Rahma, A., Maria, S., & Wahyuningtyas, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Sinektik , 6 (1), 10–17. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin
Suherman, ), Rahmani, A., Alpiani, ), Sultan, U., Tirtayasa, A., Stkip, ), Rangkasbitung, S., Budi, J., No, U., Komplek, L., & Kab, P.(2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Panas. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi , 6 (1), 2022. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Syaifuddin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Kalimantan: Jurnal Kajian Islam , 1 (2), 1–17
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i1.23218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.