Implementasi Sistem Informasi Recruitment Tenaga Kerja Berbasis Web pada Aplikasi BKK SMKN 1 Tulungagung

Grezio Arifiyan Primajaya, Mu’arifin Mu’arifin, Dimas Purbo Choirul Mustaqim

Abstract


Rekrutmen merupakan proses penting untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang berkualitas. Tujuan dari perekrutan yang diadakan di SMKN 1 Tulungagung adalah untuk mendapatkan kandidat di suatu lowongan kerja, setelah sebuah lowongan diisi oleh kanidat kemudian dilakukan proses seleksi, proses seleksi bertujuan untuk mendapatkan kandidat sesuai kriteria tenaga kerja sebuah perusahaan, aktivitas rekrutment tidak terbatas untuk para siswa atau alumni SMKN 1 Tulungagung saja tetapi bisa mengakomodir kanidat yang berasal dari luar SMKN 1 Tulungagung. Namun, terdapat permasalahan dalam sistem pengelolaan data penjadwalan rekrutmen di SMKN 1 Tulungagung. Sistem tersebut masih manual dan tidak terotomatisasi, sehingga menyebabkan proses rekrutmen menjadi kurang efisien dan akurat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, SMKN 1 Tulungagung mengembangkan sistem informasi recruitment berbasis web. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi proses rekrutmen, meningkatkan kualitas tenaga kerja yang direkrut, dan menghemat biaya. Sistem ini memiliki fitur-fitur canggih, seperti fitur analisis data kandidat, fitur daftar rekrutmen, fitur notifikasi email, fitur export data hadir dengan output pdf, dan fitur export daftar peserta. Dengan adanya sistem informasi recruitment ini, SMKN 1 Tulungagung dapat menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya diperlukan dalam proses rekrutmen. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu SMKN 1 Tulungagung untuk meningkatkan efisiensi proses rekrutmen dan mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kriteria perusahaan.


Keywords


Rekrutmen, Sistem Informasi, Berbasis Web, Efisiensi, Kualitas tenaga kerja

Full Text:

PDF

References


Fajarwati, L., Hidayat, R., & Budiarti, Y. (2020). Sistem Informasi Rekrutmen Karyawan Baru pada PT Karya Putra Sapta. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 237-245.

jobstreed. (2023, 11 11). jobstreed.com. Retrieved from jobstreed: jobstreed.com

karir. (2023, 11 11). home-karir. Retrieved from karir: https://karir.com/

loker. (2023, 11 11). loker. Retrieved from loker: loker.id

Mangkunegara. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Edisi Revisi, Cetakan Kedua Belas. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rizqifaluthi, H., Rahmawati, Amri, F., & Yaqin, M. (2020). Optimasi Penjadwalan Kegiatan Sekolah Menggunakan Metode Weighted Product(WP). Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, Vol. 8, No. 1.

Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), Volume 04 Nomor 01.

Sulthon, A. (2022, 3 30). PENGERTIAN ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM ( ERD ) : SIMBOL, ENTITAS, ATRIBUT. Retrieved from domainesia: https://www.domainesia.com/berita/pengertian-erdadalah/




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i1.22950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License