Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan WLAN

Vivia Auria, Muchamad Arif, Puji Rahayu Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan TPACK terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan WLAN, berserta aktivitas keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model penelitian eksperimen.  Populasi yang digunakan sebanyak 60 siswa kelas X TKJ di SMKN 1 Sepulu, dimana 30 siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan pretest, posttest, wawancara, observasi, dan angket untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh,(1) Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan TPACK dengan hasil belajar siswa(ranah kognitif) berdasarkan uji siggnifikan dengan hasil thitung lebih dari ttabel atau 2,284 lebih dari 2,048, sehingga H­­a diterima.(2) Aktivitas pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model project based learning dengan pendekatan TPACK menunjukkan hasil baik.aktivitas guru memperoleh presentase 85,62% dengan kategori “baik” dan aktivitas siswa memperoleh presentase 86,93% dengan kategori “baik”.(3) Respon siswa pada pembelajaran dengan model project based learning dengan pendekatan TPACK memperoleh presentase 83,53% berkategori baik dari siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan TPACK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan WLAN kelas X TKJ di SMKN 1 Sepulu

Full Text:

PDF

References


Hartati, T., & Haryanto, D. (2019). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis TPACK dan Multiliterasi. Bandung: UPI Press.

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. 4(2), 3011–3024.

Kemendikbud. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Purnawati, W., Maison, M., & Haryanto, H. (2020). E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran. 16(2), 126–133.

Ristiana, F. (2022). Implementasi Project Based Learning Berbasis TPACK pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMA GIS 2 Serpong. Neolectura, 03(2), 148–154.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, ed.). Bandung: CV. Alfabeta.

Yunizar, Y. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning Menggunakan Pendekatan TPACK Pada Pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI Teknik Komputer Jaringan Terhadap Hasil Belajar. 6(1), 2851–2859.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i1.22942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License