PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL CLASS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL MAHASISWA MENUJU ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Literasi digital merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi era society 5.0. Kompetensi literasi digital yang dikembangkan pada aplikasi virtual class sebagai media pembelajaran digital, yaitu: 1)Pencarian di internet; 2)Pandu arah; 3)Evaluasi konten informasi; 4)Penyusunan pengetahuan. Penelitian ini akan dipergunakan pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran, kompetensi literasi digital akan dikembangkan pada aplikasi virtual class serta diintegrasikan dengan SPADA KEMDIKBUD. Rumusan permasalahan yaitu pengembangan pembelajaran digital menggunakan aplikasi virtual class untuk meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa menuju era society 5.0 serta kendala-kendala yang mungkin dapat ditemui dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan tersebut. Tujuan penelitian untuk: 1)Mengembangkan aplikasi virtual class sebagai pembelajaran digital pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran di STKIP Bina Insan Mandiri; 2)Meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa melalui aplikasi virtual class pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran di STKIP Bina Insan Mandiri; 3)Melakukan identifikasi terhadap kendala-kendala pada pelaksanaan perkuliahan menggunakan aplikasi virtual class untuk meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran di STKIP Bina Insan Mandiri. Metode penelitian menggunakan Research & Development bertujuan menghasilkan media pembelajaran digital untuk meningkatkan kompetensi literasi digital menuju era society 5.0. Penelitian dilakukan Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023, menggunakan aplikasi virtual classs untuk meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa. Berlandaskan dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi virtual class sebagai media literasi digital mahasiswa masih berada pada tingkatan yang memadai. Seiring pemanfaatan penggunaan dalam memperoleh informasi menyebabkan mahasiswa mampu melakukan penelusuran di internet dalam menemukan informasi yang dibutuhkan, namun kompetensi tersebut harus diimbangi dengan kemampuan lainnya.
Keywords
References
Anwar, Z. (2019). Hasil belajar mahasiswa Pgsd pada masa pandemi covid-19. Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Masa Pandemi Covid-19.
Astini, N. K. S. (2022). TANTANGAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA ERA NEW NORMAL COVID-19 DAN ERA SOCIETY 5.0. LAMPUHYANG, 13(1). https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Borovcnik, M., & Kapadia, R. (2021). Research and Developments in Probability Education. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.29333/iejme/233
Dinata, K. B. (2021). LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING. Eksponen, 11(1). https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1). https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3140
Kemendikbud, H. D. P. T. (2020). Praktik Baik Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19. Siaran Pers Nomor : 030/Sipers/IV/2020.
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
P, T. L. D., Noviani, A., & Adha, M. M. (2021). Civic Literacy : Sebagai Upaya Dalam Mempersiapkan Warga Negara Menuju Era Society 5 . 0. Prosiding Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan 2021.
Paul Gilster. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub.
Priyambudi, S., & Murdani, M. H. (2020). The Development of E-Learning Model for College Students in the Industrial Era 4.0. Journal of Education and Practice, 11(31), 68–78. https://doi.org/10.7176/jep/11-31-09
Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. (2022). Pengembangan Virtual Class Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 8(2), 126–135. https://doi.org/10.21107/edutic.v8i2.13853
Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II, 3(2).
Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). ANALISIS LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738
Setyowati, Y., Priyambudi, S., & Harist, M. (2022). ANALISIS LITERASI DIGITAL MELALUI APLIKASI VIRTUAL CLASS UNTUK MENIGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL PADA SISWA SMAS. JURNAL KONFIKS, 9(2), 34–44. https://doi.org/10.26618/jk/9192
Sugiyono. (2018). Pengertian Skala Likert. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9).
Wibawa, S. (2017). Potret pendidikan tinggi di masa Covid-19. In Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta (Vol. 29).
Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1). https://doi.org/10.54082/jupin.39
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i1.22190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.