Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Luluk Mauli Diana, Muchamad Arif, Evy Maya Stefany, Nuru Aini

Abstract


Dalam proses pembelajaran, model pembelajaran mengacu pada kerangka atau pendekatan sistematis yang digunakan untuk menyusun pengalaman belajar siswa. Ini mencakup metode, strategi, dan teknik yang dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui kerjasama dan partisipasi aktif dalam kelompok kecil untuk mencapai pemahaman terhadap mata pelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan artikel dengan penelitian yang sama. 20 majalah nasional yang diindeks oleh Google Scholar digunakan untuk artikel tersebut. Teknik penyajian data menggunakan tabel yang berisi daftar artikel publikasi ilmiah yang dianalisis sebagai hasil penelitian. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar.

Keywords


model pembelajaran numbered head together, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anwar et al., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Volume 4 (3), Hal 427-433.

Aprilia et al., (2018). Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbasis Kurikulum 2013. WacanaAkademika, Volume 2 (1), Hal 84-98.

Dadri, W. C. P., Dantes, N., & Gunamantha, M. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93.

Fatchurahmawati, A., Yulianti, & Hakim, A. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematuk di SDN Bakalan 1 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(20), 49–62.

Erfan et al., (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS. Volume 8 (1), Hal 108-118.

Imam et al., (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT). Volume 8, Hal. 58-66.

Hamdani. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Guru Membangun. Volume 40 (1), Hal. 1-11.

Halim et al., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Number Head Together Terhadap Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. J. Pijar MIPA. Volume 14 (1), Hal. 55-61.

Hilma & Santoso. (2021). Pengaruh Metode Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 14 Sumurgayam Paciran Lamongan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan. Volume 1 (1), Hal. 33-55.

Kistian. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. GENTA MULIA. Volume IX No. 2, Hal. 71-82.

Mudana. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research. Volume 5 (1), Hal. 86-94.

Muliandari. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education. Volume 3 (2), Hal. 132-140.

Murwanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Jurnal Sainsmat. Vol. IX, No. 1, Hal. 14-28.

Nourhasanah & Aslam. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar JURNAL BASICEDU. Volume 6 (3), Hal 5124 – 5129.

Puspaningrum, D. I., Wijayanto, M. N., & Setiawaty, R. (2022). Model NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Literature Review ). 1, 183– 200.

Sariawan et al., (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Togetherdalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4 (2), Hal 325-333.

Simanungkalit (2020). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA – Biologi. Jurnal TIK dalam Pendidikan. Vol. 7 No. (1), Hal 89-102.

Sudewiputri & Dharma (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Volume 4 (3), Hal 427-433.

Surya (2018). Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu. Volume 2 (1), Hal 135-139.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Yuliani et al., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskres. Journal of Biology Education. Volume 7 (2), Hal 209-215




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.20224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License