Persepsi Mahasiswa terhadap Implementasi Metode Pair Programming pada Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman Dasar
Abstract
Pemrograman dasar merupakan mata kuliah yang penting dalam mempelajari ilmu komputer terutama yang terkait dengan perancangan perangkat lunak atau aplikasi. Belajar pemrograman dianggap sebagai tugas yang sulit bagi sejumlah besar mahasiswa. Salah satu petode pembelajaran dalam pemrograman yang dipandang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam belajar pemrograman adalah pair programming. Pair programming dipandang efektif ketika diimplementasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa dalam penerapan pair programming pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti mengananlisis persepsi mahasiswa dalam implementasi pair programming dalam pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang sedang mengampu mata kuliah Pemrograman Dasar. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah mahasiswa menyukai bekerja berpasangan Bersama rekan dalam tugas pemrograman. Mahasiswa juga puas dalam hasil akhir tugas pemrograman yang telah mereka selesaikan dengan menggunakan metode pair programming. Seluruh mahasiswa merasa lebih mudah dalam mengerjakan tugas pemrograman. Selain itu mahasiswa merasa ingin menerapkan metode pair programming dalam tugas pemrograman kedepannya. Secara keseluruhan persepesi mahasiswa pada penerapan metode pair programming memiliki hasil positif. Berdasarkan kajian hasil penelitian ini, metode pair programming akan direkomendasikan untuk diterapkan pada mata kuliah pemrograman dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ALBAYRAK, E., & POLAT HOPCAN, E. (2022). Pair Programming Experiences of Prospective Information Technologies Teachers. Bartın University Journal of Faculty of Education, 11(2), 342–354. https://doi.org/10.14686/buefad.991448
Carver, J. C., Henderson, L., He, L., Hodges, J., & Reese, D. (2007). Increased retention of early computer science and software engineering students using pair programming. Software Engineering Education Conference, Proceedings, 115–122. https://doi.org/10.1109/CSEET.2007.29
Chen, K., & Rea, A. (2018). Do pair programming approaches transcend coding? Measuring agile attitudes in diverse information systems courses. Journal of Information Systems Education, 29(2), 53–64.
Edwards, R. L., Stewart, J. K., & Ferati, M. (2010). Assessing the effectiveness of distributed pair programming for an online informatics curriculum. ACM Inroads, 1(1), 48–54. https://doi.org/10.1145/1721933.1721951
Faja, S. (2011). Pair Programming As a Team Based Learning Activity: a Review of Research. Issues In Information Systems, XII(2), 207–216. https://doi.org/10.48009/2_iis_2011_207-216
Hawi, N. (2010). Causal attributions of success and failure made by undergraduate students in an introductory-level computer programming course. Computers and Education, 54(4), 1127–1136. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.10.020
Liebenberg, J., Mentz, E., & Breed, B. (2012). Pair programming and secondary school girls’ enjoyment of programming and the subject Information Technology (IT). Computer Science Education, 22(3), 219–236. https://doi.org/10.1080/08993408.2012.713180
Maguire, P., Maguire, R., Hyland, P., & Marshall, P. (2014). Enhancing collaborative learning using pair programming: Who benefits? AISHE-J : The All Ireland Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 6(2), 141(1)-141(25).
Malik, S. I., Mathew, R., Al-Nuaimi, R., Al-Sideiri, A., & Coldwell-Neilson, J. (2019). Learning problem solving skills: Comparison of E-learning and M-learning in an introductory programming course. Education and Information Technologies, 24(5), 2779–2796. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09896-1
Maryono, D. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi PTIK FKIP UNS dalam Penyelesaian Masalah dengan Pemrograman. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 645–652.
Roque-Hernández, R. V., Guerra-Moya, S. A., & Caballero-Rico, F. C. (2021). Acceptance and Assessment in Student Pair-Programming: A Case Study. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(9), 4–19. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i09.18693
Simon, B., & Hanks, B. (2008). First-year students’ impressions of pair programming in CS1. ACM Journal on Educational Resources in Computing, 7(4). https://doi.org/10.1145/1316450.1316455
Slaten, K. M., Droujkova, M., Berenson, S. B., Williams, L., & Layman, L. (2005). Undergraduate student perceptions of pair programming and agile software methodologies: Verifying a model of social interaction. Proceedings - AGILE Confernce 2005, 2005, 323–330. https://doi.org/10.1109/ADC.2005.48
Tsan, J., Vandenberg, J., Zakaria, Z., Wiggins, J. B., Webber, A. R., Bradbury, A., Lynch, C., Wiebe, E., & Boyer, K. E. (2020). A comparison of two pair programming configurations for upper elementary students. SIGCSE 2020 - Proceedings of the 51st ACM Technical Symposium on Computer Science Education, 346–352. https://doi.org/10.1145/3328778.3366941
Wood, K., Parsons, D., Gasson, J., & Haden, P. (2013). It’s never too early: Pair programming in CS1. Conferences in Research and Practice in Information Technology Series, 136, 13–21.
Zacharis, N. Z. (2011). Measuring the effects of virtual pair programming in an introductory programming java course. IEEE Transactions on Education, 54(1), 168–170. https://doi.org/10.1109/TE.2010.2048328
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.19787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.