Dampak Penerapan Flipped Classroom Terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran

M. Miftach Fakhri, Dyah Darma Andayani, Andi Baso Kaswar, Ainun Zahra Adistia, Della Fadhilatunisa

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan karantina wilayah yang melumpuhkan beberapa sektor, salah satunya di bidang Pendidikan. Flipped classroom atau kelas terbalik merupakan satu diantara beberapa model pembelajaran yang mengandalkan inovasi mutakhir berbasis video interaktif dan dipercaya dapat menjadi jalan keluar permasalahan ini, serta berpotensi untuk diterapkan meski masa pandemi telah berakhir. Model pembelajaran ini akan membimbing para pelajar untuk belajar dengan inisiatif sendiri melalui video interaktif sebelum masuk kelas, sementara aktivitas yang berlangsung dalam kelas lebih ditekankan untuk diskusi dan tanya jawab. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan flipped classroom terhadap beberapa aspek penting yakni pengetahuan, keterampilan, dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 84 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa penggunaan Angket (kuesioner) yang disebar melalui formulir online. Analisis angket (kuesioner) dilakukan secara deskriptif dan dengan model skala likert untuk menjelaskan hasil dari penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom memiliki dampak yang signifikan terhadap pengetahuan, keterampilan, dan keterlibatan mahasiswa.

Keywords


Kelas Terbalik; Mahasiswa; Pengetahuan; Pengetahuan; Keterampilan; Keterlibatan

Full Text:

PDF

References


Awidi, I. T., & Paynter, M. (2019). The impact of a flipped classroom approach on student learning experience. Computers & Education, 128, 269–283. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.013

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day (First). International Society for Technology in Education.

Bishop, J., & Verleger, M. (2013). The Flipped classroom: A Survey of the Research. 2013 ASEE Annual Conference & Exposition Proceedings, 23.1200.1-23.1200.18. https://doi.org/10.18260/1-2--22585

Collins, A., & Halverson, R. (2009). Rethinking Education in the Age of Technology: The Digital Revolution and the Schools. 12.

D’Alessio, F. A., Avolio, B. E., & Charles, V. (2019). Studying the impact of critical thinking on the academic performance of executive MBA students. Thinking Skills and Creativity, 31, 275–283. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.02.002

Davies, R. S., Dean, D. L., & Ball, N. (2013). Flipping the classroom and instructional technology integration in a college-level information systems spreadsheet course. Educational Technology Research and Development, 61(4), 563–580. https://doi.org/10.1007/s11423-013-9305-6

Enfield, J. (2013). Looking at the Impact of the Flipped classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN. TechTrends, 57(6), 14–27. https://doi.org/10.1007/s11528-013-0698-1

Hastuti, N., & Djanah, S. N. (2020). STUDI TINJAUAN PUSTAKA: PENULARAN DAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 70. https://doi.org/10.31602/ann.v7i2.2984

Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. JURNAL PETIK, 6(2), 45–50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Artefak, 8.

Mubarok, A. (2017). MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA. 5.

Murillo-Zamorano, L. R., López Sánchez, J. Á., & Godoy-Caballero, A. L. (2019). How the flipped classroom affects knowledge, skills, and engagement in higher education: Effects on students’ satisfaction. Computers & Education, 141, 103608. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103608

O’Flaherty, J., & Phillips, C. (2015). The use of flipped classrooms in higher education: A scoping review. The Internet and Higher Education, 25, 85–95. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.02.002

Permadhi, P. L. O., & Sudirga, I. M. (2020). PROBLEMATIKA PENERAPAN SISTEM KARANTINA WILAYAH DAN PSBB DALAM PENANGGULANGAN COVID-19. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, 8(9), 1355. https://doi.org/10.24843/KS.2020.v08.i09.p06

Rusnawati, M. D. (2020). IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. 4, 12.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Tolks, D., Romeike, B. F., Ehlers, J., Kuhn, S., Kleinsorgen, C., Huber,

J., Fischer, M. R., Bohne, C., Merz, L., Sailer, M., & Hege, I. (2020). The online inverted classroom model (oICM). A blueprint to adapt the inverted classroom to an online learning setting in medical and health education [Version 2]. MedEdPublish, 9(1). https://doi.org/10.15694/mep.2020.000113.2




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.18353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License