Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan Media Live Worksheet

Puji Rahayu Ningsih, Prita Dellia, Medika Risnasari, Laili Cahyani, Rikanawati Rikanawati, Ray Albian

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan media live worksheet yang layak digunakan. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan menggunakan model formative research yang memiliki dua tahapan yaitu: 1) tahap preminary dan 2) tahap formative evaluation yang dimulai dari tahap self-evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPTD SMP 3 Kamal tahun ajaran 2022/2023. Instrumen soal AKM yang dikembangkan terdiri dari 4 soal berupa pilihan ganda komplek, 2 soal berupa pilihan ganda, 2 soal esai, 1 soal menjodohkan, dan 1 isian pendek. Hasil penelitian menunjukkan (1) berdasarkan uji validitas soal AKM pada tahap expert review didapatkan hasil tingkat kevalidan dari ahli materi 80% yang artinya “sangat valid”, dan tingkat kevalidan dari ahli kontruksi 95% yang artinya “sangat valid”. (2) Berdasarkan angket respon siswa pada tahap small group memperoleh persentase kepraktisan sebesar 79% yang artinya “sangat praktis”, serta; (3) Pada tahap field test diperoleh analisis butir soal hasil uji validitas soal bahwa terdapat 9 soal valid dan 1 soal tidak valid. Kemudian hasil uji reliabilitas soal AKM, diperoleh hasil sebesar 0,784 yang artinya memiliki reliabilitas “tinggi”. Sedangkan untuk taraf kesukaran terdapat 6 soal kategori mudah dan 4 soal kategori sedang.  Serta pada daya pembeda, diperoleh 7 soal “cukup”, 2 soal “jelek” dan 1 soal “baik”. Sehingga dapat disimpulkan 9 dari 10 soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Live Worksheet.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Kenedi, A.K., dan Masniladevi. (2018). Instrumen HOTS Matematika Bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal PAJAR, 2(6), 905-912.

Ahmad Rofiq. 2022. Efektivitas Conceptual Understanding Procedures Menggunakan Live Workshseets Terhadap Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 7(1). 45-53.

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendi dikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

Andikayana, Dantes, Kertih. 2021. Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi

Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2

Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia.Vol 11 No 2. 81-92

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, (September), 122–130. Retrieved from http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD (122-130).pdf

Anjarsari Delvi. 2022. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Looping di SMAN 1 Sooko. Skripsi. Madura: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura.

Arikunto, S. (2015). Dasar - Dasar EVALUASI PENDIDIKAN. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arifin. Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.

Asrijanty, A. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Cahyanovianty, A. D. (2020). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. 05(02), 1439–1448.

Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Rahayu, L.P., Nugroho, A.S., Santoso, M., dan Widodo, S. (2018). Pengembangan Soal Matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Triple Theory. EFEKTOR, 5(2), 117-125.

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Asesmen Kompetensi Minimum. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 186. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133

Syamsuadi Ahmad dkk. (2021). Analisis Pelatihan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berorientasi PISA dengan Konten Change And Relationship Pada Kelas VIII SMP UNIMUSH MAKASAR. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. 13(20), 103–118.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tessmer. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge

Wardani, D.A.P 7, & Oktiningrum, Wuli. 2022. Pengembangan Soal AKM Bermuatan Ethnomatematika dengan Media Canva untuk Mengukur Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 11, No. 4, 2022, 3860-3871




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.17885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License