Pemetaan Peminatan Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Evy Maya Stefany, Puji Rahayu Ningsih, Muchamad Arif, Luluk Mauli Diana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peminatan mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Informatika dalam memilih bidang penelitian tugas akhir, jenis penelitian serta mengetahui faktor yang menyebabkan mahasiswa lebih memilih penelitian tersebut. Hasil dari penelitian peminatan bidang dan jenis penelitian tugas akhir bisa menjadi acuan untuk pemerataan peminatan penelitian pada Program Studi Pendidikan Informatika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Prodi Pendidikan Informatika. Populasi yang digunakan adalah 101 mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah seminar proposal pada semester ganjil 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (googleform) dan wawancara. Penelitian ini menggunakan snowball sampling untuk informan dan sebagian yang lain menggunakan purposive..sampling  sebagai teknik sampling. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan reviu informan menggunakan..model analisis flow..model of analysis. Hasil penelitian menunjukkan  peminatan penelitian tugas akhir mahasiswa dengan skor tertinggi pada bidang Informatika Terapan (52,4%) pada bidang Pendidikan/pengajaran menunjukkan skor 47,6%  untuk jenis penelitian mahasiswa cenderung memilih jenis penelitian kuantitatif (14,8%) penelitian kualitatif (5%) penelitian pengembangan (80,2%). Faktor-faktor peminatan penelitian tugas akhir mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor: (1) masalah yang ditemui saat mahasiswa asistensi mengajar; (2) berdasarkan minat/menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan; dan (3) melalui observasi disekolah/instansi.

 


Keywords


Tugas Akhir, Penelitian, Pendidikan, Informatika

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Prenada Media Bungin, Burhan.2008.Penelitian Kualitatif.Jakarta:Kencana Prenada Media Grup

Cholid Narbuko & Abu Achmadi. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Emzir.2008.Metodologi Penelitian Pendidikan.JakartaPT. Raja Grafindo Persada

Fakultas Ilmu Pendidikan. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi. Bangkalan: UTM

Julia Brannen. 2002. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasan Basri. 2001. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moh. Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta Timur: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung:Tarsito.

Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-metode Penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Rara Sugiarti. 2003. “Studi tentang Tema Skripsi Mahasiswa S-1 Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta”. Laporan Penelitian. Surakarta: UNS.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sumanto. 1995. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Aplikasi Metode dan Statistika dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wasty Soemanto. 2002. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi Karya Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i1.17396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License