Pengembangan Multimedia (SIJARANG) pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI di SMK Dian Indonesia Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar dan inovasi media pembelajaran dalam dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan multimedia (SIJARANG) pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI di SMK Dian Indonesia Sidoarjo, (2) Mengetahui kelayakan multimedia (SIJARANG) berdasar Articulate Storyline pada materi administrasi infrastruktur jaringan kelas XI di SMK Dian Indonesia Sidoarjo melalui pandangan validasi dari ahli materi, ahli media dan uji coba peserta didik. Pengembangan ini menggunakan model penelitian (R and D). Model pengembangan yang dikembangkan menggunakan model 4-D. Penelitian dilakukan di SMK Dian Indonesia Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran (SIJARANG) berbasis Articulate Storyline dengan perolehan presentase validasi ahli media sebesar 90% , hasil validasi ahli materi sejumlah 90%, dan penilaian dari subjek uji coba sebanyak 89,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari penelitian tersebut dapat ditetapkan bahwa multimedia berbasis Articulate Storyline mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan di SMK Dian Indonesia Sidoarjo dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arfandi. (2020). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran. 9(1), 74–85.
Arti, P. M. P. I. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana Guna Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran M- Learning Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Mendukung Self-Regulated Learning Peserta Didik. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Kota Semarang, 3(November), 103–111.
Dewi, A. K., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Karate Yang Dikemas Dalam Articulate Storyline.
Dwijayani, N. M. (2019). Development Of Circle Learning Media To Improve Student Learning Outcomes. Journal Of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187.
Edi, S., Suharno, S., & Widiastuti, I. (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman.
Heryana, A., & Putra, Y. M. (2018). Perancangan Dan Implementasi Infrastruktur Jaringan Komputer Serta Cloud Strorage Server Berbasis Kendali Jarak Jauh (Studi Kasus Di Pt. Lapi Itb). Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Ix(Cloud Storage).
Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56.
Karlina, B. (2017). Pengaruh Manajaemen Fasilitas Terhadap Mutu Layanan Diklat Di Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin Dan Teknik Industri. Naspa Journal, 42
Kusumawati, L. D., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran. Kwangsan - Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01), 31–51.
Lailisafiyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana Guna Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.
Maysitoh, & Agung, D. F. (2018). Pendidikan Kejuruan Di Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Karier Maysitoh1. Schoulid: Indonesian Journal Of School Counseling, 89–96.
Nopriyanti, & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Developing Interactive Learning Multimedia The Basic Competency In Installing Lighting And. Pendidikan Vokasi, 4(2), 222–235.
Nurbana. (2013). Aplikasi Pada Ponsel Android Untuk Administrasi.
Ovid, D. I. E. R. A. P. A. C. (2021). Pengembangan Alat Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Dengan Aplikasi Zoom Sebagai Media Perantara Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di Era Pandemi Covid-19. 15(2), 174–187.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15.
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Diri Terhadap Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649.
Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Xi Di Sma Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1), 52–65.
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25.
Tri, D. N. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Di Smk Negeri 1 Kebumen”. Skripsi, Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Yusmiono, B. A. (2018). Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Di Universitas Pgri Palembang. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1–8.
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i1.16838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cindy Cahyaning Astuti, Anisa Safira Rizkidayanti, Akbar Wiguna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.