IDENTIFIKASI KECERDASAN MAJEMUK SLIM-N-BIL PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN INFORMATIKA ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Ariesta Kartika Sari

Abstract


Abstrak

Anak merupakan aset orangtua yang memiliki kemampuan sangat luas. Banyak potensi yang terpendam dalam dirinya seperti halnya lautan yang luas beserta banyaknya kekayaan alam di dalamnya. Chatib (2014:87) menyebut potensi terpendam dalam diri anak sebagai HARTA KARUN adalah kecerdasan Majemuk atau multiple Intelligence. Mahasiswa Program studi pendidikan informatika pastilah memiliki keanekaragaman latar belakang budaya, minat, potensi, dan kecerdasan. Melalui penerapan pembelajaran yang tepat, pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya maka diharapkan akan dapat mengembangkan potensi masing-masing kecerdasan pada mahasiswa.

Dalam penelitian ini, peneliti akan melakukan identifikasi terhadap mahasiswa prodi pendidikan informatika angkatan tahun 2013. Identifikasi tersebut akan dilakukan dengan menggunakan kriteria 8 kecerdasan yang telah dikembangkan oleh Dr. Howard Gardner yaitu kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) SLIM-N-BIL. Kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) SLIM-N-BIL terdiri atas: kecerdasan Spasial-Visual (S), kecerdasan Linguistik-Verbal (L), kecerdasan Interpersonal (I), kecerdasan Musikal-ritmik (M), kecerdasan Naturalis (N), kecerdasan Badan-Kinestetik (B), kecerdasan Intrapersonal (I), kecerdasan Logis-Matematis (L). Identifikasi terhadap 100 mahasiswa menghasilkanbahwa  kecerdasan yang mendominasi berkembang dalam mahasiswa program studi pendidikan informatika antara lain:  kecerdasan interpersonal (I), kecerdasan Naturalis (N), Kecerdasan Intrapersonal, dan selebihnya sebanyak 39% dari 100 mahasiswa memiliki beberapa kecerdasan yang telah berkembang secara dominan (yang kami masukkan dalam kategori “gabungan”).

 

Kata kunci: Kecerdasan majemuk, SLIM-N-BIL



DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v2i2.1568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License