Proses Berpikir Mahasiswa PendidikanInformatika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Turunan Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Kepribadian Dan Perbedaan Kemampuan Matematika

Muchamad Arif

Abstract


BSTRAK

Proses berpikir adalah aktivitas mental yang dimulai dari proses penerimaan , pengolahan, penyimpulan dan pemanggilan kembali informasi dari ingatan siswa.. Dalam penelitian ini untuk mengukur aktivitas mental seseorang dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam terhadap tes yang dikerjakan oleh siswa. Dengan wawancara kita bisa mengetahui proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal turunan fungsi ditinjau dari perbedaan kepribadian dan perbedaan kemampuan matematika. Proses berpikir dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu tipe proses berpikir predikatif dan tipe proses berpikir fungsional. Proses berpikir predikatif  lebih cenderung untuk melihat hubungan antara dua konsep atau lebih dalam pengambilan keputusan. Rendahkan proses berfikir fungsional lebih menitikberatkan untuk melihat mata rantai dan cara melaksanakan keputusan.Berdasar analisis data diperoleh hasil yaitu siswa yang berkepribadian introvert dengan kemampuan matematika tinggi memiliki tipe proses berpikir predikatif, siswa yang berkepribadian introvert dengan kemampuan matematika rendah memiliki tipe proses berpikir fungsional, siswa yang berkepribadian ekstrovert dengan kemampuan matematika tinggi memiliki tipe proses berpikir predikatif dan siswa yang berkepribadian ekstrovert dengan kemampuan matematika rendah memiliki tipe proses berpikir fungsional.

Kata kunci: Proses Berpikir, Berpikir Predikatif, Berpikir Fungsonal,  Introvert,  Extrovert




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v2i1.1558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License