ojs2 has produced an error Message: WARNING: unlink(/home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/cache/fc-pluginSettings-18-objectsforreviewplugin.php): No such file or directory In file: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php At line: 57 Stacktrace: File: (unknown) line (unknown) Function: PKPApplication->errorHandler(2, "unlink(/home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/cache/fc-pluginSettings-18-objectsforreviewplugin.php): No such file or directory", "/home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php", 57, Array(0)) File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php line 57 Function: unlink("/home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/cache/fc-pluginSettings-18-objectsforreviewplugin.php") File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php line 78 Function: FileCache->flush() File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/classes/plugins/PluginSettingsDAO.inc.php line 59 Function: FileCache->setCache("enabled", Null) File: (unknown) line (unknown) Function: PluginSettingsDAO->_cacheMiss(Object(FileCache), "enabled") File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/cache/GenericCache.inc.php line 63 Function: call_user_func_array(Array(2), Array(2)) File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/classes/plugins/PluginSettingsDAO.inc.php line 50 Function: GenericCache->get("enabled") File: (unknown) line (unknown) Function: PluginSettingsDAO->getSetting("18", "objectsforreviewplugin", "enabled") File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/plugins/PKPPlugin.inc.php line 376 Function: call_user_func_array(Array(2), Array(3)) File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/plugins/LazyLoadPlugin.inc.php line 69 Function: PKPPlugin->getContextSpecificSetting(Array(1), "enabled") File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/plugins/generic/objectsForReview/ObjectsForReviewPlugin.inc.php line 57 Function: LazyLoadPlugin->getEnabled() File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/plugins/PluginRegistry.inc.php line 66 Function: ObjectsForReviewPlugin->register("generic", "plugins/generic/objectsForReview") File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/plugins/PluginRegistry.inc.php line 137 Function: PluginRegistry->register("generic", Object(ObjectsForReviewPlugin), "plugins/generic/objectsForReview") File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/core/Dispatcher.inc.php line 132 Function: PluginRegistry->loadCategory("generic", True) File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php line 178 Function: Dispatcher->dispatch(Object(Request)) File: /home/journal.trunojoyo.ac.id/public_html/index.php line 64 Function: PKPApplication->execute() Server info: OS: Linux PHP Version: 5.6.40 Apache Version: N/A DB Driver: mysql DB server version: 5.5.68-MariaDB
PENGARUH STRATEGI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TIK SISWA DI SMP 4 NEGARA | Stefany | Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika

PENGARUH STRATEGI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TIK SISWA DI SMP 4 NEGARA

Evy maya Stefany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung, Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Negara Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 259 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa yang terdiri dari 2 kelas kelompok eksperimen dan 2 kelas kelompok kontrol. Sampel kelas diambil dengan cara random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan angket motivasi belajar, Kuesioner motivasi belajar berupa pernyataan sebanyak 32 pernyataan dengan 5 pilihan jawaban Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan mancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung (Fhitung = 248,549; p kurang dari 0,05), Disimpulkan bahwa strategi ARCS dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar TIK siswa SMP.

 

Kata Kunci:  strategi ARCS, motivasi belajar, TIK




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v1i2.1549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Evy maya Stefany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Indexed by:

Sinta 3        Google Scholar    Crossref    Dimensions    Worldcat    Scilit MDPI    ROAD

 J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License