RESPON SISWA PADA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN: IMPLEMENTASI PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 DENPASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar terhadap pengembangan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar. Data tentang sumber belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subyek uji coba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari uji ahli materi, uji ahli desain, uji ahli media pembelajaran, dan dari uji coba siswa. Validasi media pembelajaran serta respons siswa dan guru diperoleh dengan menggunakan metode angket. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari uji coba lapangan dengan tingkat pencapaian 93,14% berada dalam kategori sangat baik. Pengembangan media pembelajaran ini berada pada kategori sangat baik sehingga media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran, respon siswa, TIK
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v1i2.1546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.