PROTOTYPESISTEM PELAYANAN PUBLIKDINASKEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPILBERBASISWEB

david budi hartanto

Abstract


ABSTRAK

Kepuasan masyarakat sangat perlu diperhatikan oleh aparat untuk mengetahui kualitas pelayanan yang baik. Inilah yang menjadi salah satu tugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispendukcapil). Sistem yang ada di dinas tersebut lebih terfokus pada proses pembuatan,sedangkan untuk pelayanan misalnya pendaftaran sering terjadi lonjakan jumlah antrian yang relatif besar dan mengakibatkan tidak terlayaninya permohonan dengan baik. Prototype sistem pelayanan ini dirancang untuk menambah nilai pelayanan dinas kepada masyarakat. Prototype sistem yang dibangun ini mempunyai fitur diantaranya permohonan pengajuan Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk dan Kartu keluarga. Apabila petugas menyetujui pengajuan maka pemohon menerima jadwal validasi atau verifikasi sehingga pemohon mengetahui status pengajuan dan kepastian waktu proses validasi atau verifikasi yang harus dilakukan. Prototype sistem pelayanan berbasis web ini dapat digunakan oleh dinas untuk mengatur penjadwalan pengajuan dokumen kependudukan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengetahui tingkat kepastian dari proses pengajuan yang telah dilakukan.

Kata Kunci:Dispendukcapil, sistem pelayanan, jadwal, web



DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v1i2.1543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 david budi hartanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License