Development of Interactive Learning Media on Network Service Technology Subjects Class XI TKJ

Hidayat Saputra, Heri Mulyono, Regina Ade Darman

Abstract


This study aims to develop interactive learning media using articulate storylines on network service technology subjects in class XI that meet valid and practical criteria. This research uses the Research and Development (R and D) research method with the ADDIE development model with five stages (analysis, design, development, implementation, and evaluation). The population in this study were students of class XI TKJ at SMKN 2 Padang who were involved in the subject of network service technology, with a total sampling technique of sampling. The instruments used in this research are validity instruments and practicality instruments. Based on the results of the validity of the material and media, the results obtained are material validation with an average value of 0,902 with a "valid" category, media validation with an average value of 0.868 with a "valid" category. Meanwhile, the results of the praticality of teacher and student responses were obtained, namely the praticality of the teacher's response with a percentage of 87,44% in the "practical" category, the praticality of student responses with a percentage of 88,85% in the "practical" category.


Keywords


interactive learning media, articulate storyline, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Arwanda, Priankalia, Sony Irianto, and Ana Andriani. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4(2): 193.

Asyhari, Ardian, and Helda Silvia. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran IPA Terpadu.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5(1): 1–13.

Azwar. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bahasan, Pokok, Hukum Newton, and Tentang Gravitasi. 2018. “Analisis Respon Siswa Sma Plus Al - Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3.”

Basyar, Muhammad Khairul. 2020. “Pengembangan Pembelajaran Pai Model Addie Di Smp Insan Cendekia Mendiri Boarding School, Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan Islam 11(1): 44–57.

Darnawati, La Batia, Irawaty, and Salim. 2019. “Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 8–16.

Dewi, Nanda, R. Eka Murtinugraha, and Riyan Arthur. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj.” Jurnal PenSil 7(2): 95–104.

Fukahori, Hiroki et al. 2018. “Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear.” 7(1): 103–7.

Hanafi. 2017. “Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan.” Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 4(2): 129–50.

Hardilawati, W A N Laura et al. 2020. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Google Suite Dan Articulate Storyline 3.” Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 77–84.

Indirawati Leztiyani. 2021. “Articulate Storyline; Interactive Teaching Tools.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(1): 24–35.

Indriyani, Lemi. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa.” Seminar Nasional Pendidikan FKIP Sultan Ageng Tirtayasa 2(1): 17–26. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/index.

Irwandani, Irwandani, and Siti Juariyah. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5(1): 33–42.

Khusnah, Nurul, Sri Sulasteri, Suharti Suharti, and Fitriani Nur. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline.” Jurnal Analisa 6(2): 197–208.

Kurnia, Tia Dwi, Cica Lati, Habibah Fauziah, and Agus Trihanton. 2019. “Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika 1(1): 516–25.

Mahmudah, Anis, and Adeng Pustikaningsih. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 17(1): 97–111.

Muqdamien, Birru, Umayah Umayah, Juhri Juhri, and Desty Puji Raraswaty. 2021. “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun.” Intersections 6(1): 23–33.

Pranata, I P W, A A G Agung, and I N Jampel. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII.” Mimbar Ilmu 4(1): 122–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/31555.

Pratama, Ryan Angga. 2019. “Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan.” Jurnal Dimensi 7(1): 19–35.

Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, and Rini Intansari Meilani. 2018. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2): 33.

Ridwan. 2010. Skala Dan Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta. 2012. Metode & Tenik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rohaeni, Siti. 2020. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Intruksional1(2):122–30. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6258.

Rohmah, Fitriyah Nur, and Imam Bukhori. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3.” Economic & Education Journal 2: 169–82.

Sengkey, Daniel Febrian, Alwin Melkie Sambul, and Sary Diane Ekawati Paturusi. 2019. “Penilaian Mahasiswa Terhadap Jenis Media Pembelajaran Dalam Penerapan Flipped Classroom.” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer 8(2): 103–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/25029.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2): 103.

Tam, Dengan Metode. 2017. “Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya.” 4(2): 163–73.

Yanto, Doni Tri Putra. 2019. “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19(1): 75–82.

YASIN, A. 2017. “Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi Sma.” BioEdu 6(2): 249947.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i1.14543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hidayat Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License