Perancangan e-Marketplace Maswira (Masyarakat Pesisir berwirausaha) pada Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Bombana

Nurfitria Ningsi, Sunyanti Sunyanti, Sarimuddin Sarimuddin

Abstract


Objektif dari studi ini adalah untuk menghasilkan sebuah aplikasi e-Marketplace MASWIRA untuk membantu pihak Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Bombana dalam upaya memaksimalkan kesadaran masyarakat akan potensi perikanan didaerah pesisir Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara selain sebagai media promosi produk UMKM bidang Perikanan juga sebagai sarana komunikasi antara Pemda Kab. Bombana dengan masyarakat setempat. Mengingat selama pandemic Covid-19 perekonomian daerah Kab. Bombana ikut mengalami impas negatif khususnya menurunnya omset penjualan. Berkembangnya penggunaan layanan e-commerce yang awalnya hanyalah alternatif saja tapi kini menjadi pintu utama penghubung antara masyarakat dengan UMKM lokal, Perancangan menggunakan model waterfall yang bertujuan menjabarkan Proses pengembangan secara terstruktur sehingga efektif meminimalisir kesalahan dan biaya pengembangan ulang


Full Text:

PDF

References


Andrean, M., Saputra, E., & Sugiarso, T. (2017). Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi E-Marketplace Untuk Katering. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 1–10.

Ekonomi okezone. (2019). 5 Negara dengan Hasil Ikan Terbesar Dunia, Indonesia Urutan Berapa? Ekonomi Okezone. https://economy.okezone.com/

Hendry, T. M. Z. (2018). Aplikasi E-Commerce Sebagai Jembatan Perancang dan Konsumen Pada T-Shirt Design. JuTISI ( Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi ), 4(65), 405 – 416.

Imam, R., & Nugraha, A. R. (2018). Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Original Clothing Indonesia Berbasis Web. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, 1(1), 51–60. http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/266

Ningsi, N. G. N. . (2021). ANALISIS KUALITAS LAYANAN E- GOVERMENT MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (STUDI KASUS KANTOR SAMSAT KOLAKA). 4(28), 10–18.

Ningsi, N., Z, N., & Gusnawati, G. (2020). Quality Analysis of E-government Services Using SERVQUAL Method (Case Study of SAMSAT Office in Kolaka Regency). INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 142–158. https://doi.org/10.29407/intensif.v4i2.13707

Perikanan, K. K. dan P. (2020). Pandemi Covid-19, Estimasi Panen Perikanan Budidaya Capai 450 Ribu Ton Sepanjang April Hingga Juni 2020. Biro Humas Dan Kerja Sama Luar Negeri. https://kkp.go.id/artikel/18532-pandemi-covid-19-estimasi-panen-perikanan-budidaya-capai-450-ribu-ton-sepanjang-april-hingga-juni-2020

Putra, D. A. (2020). KKP Target Produksi Perikanan Budidaya Capai 19,47 Juta Ton di 2021. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/uang/kkp-target-produksi-perikanan-budidaya-capai-1947-juta-ton-di-2021.html#:~:text=Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan,sebanyak 18%2C44 juta ton.

Rosa AS, m. S. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan berorientasi objek. Informatika.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v8i1.12064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License