Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Rafiud Ilmudinulloh

Abstract


Pembelajaran abad 21 mendorong guru untuk meningkatkan kompetensi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe yang layak digunakan pada mata pelajaran bahasa Inggris, oleh karenanya metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari Sadiman yang meliputi tahapan – tahapan: 1) Identifikasi Kebutuhan, 2) Perumusan Tujuan, 3) Perumusan Butir-Butir Materi, 4) Perumusan Instrumen Penilaian, 5) Penulisan Naskah Media, 6) Uji Coba, 7) Revisi, dan 8) Siap Produksi. Jenis data terdiri dari data verbal, dan data numerik. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara terbuka, observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe memenuhi kriteria kelayakan setelah menyelesaikan tahapan – tahapan pengembangan adaptasi Sadiman. Ahli materi dan media memberikan peniliaan dengan kualifikasi baik dan tidak perlu direvisi. Dan uji coba lapangan mendapat penilaian dengan kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi.


Full Text:

PDF

References


Agustriana, E., & Buwono, S. (2014). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna, 3(1), 48–65.

Dwi Pratiwi, E. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Sparkol Dalam Pembelajran Mengelola Rapat Prtemuan Di LPP IPMI Kusuma Bangsa Surakarta. Jurnal Perpustakaan.Uns, 3.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Fransisca, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas Vi Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11), 1916–1927.

Gerlach, V. S., & Ely, D. P. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Englewood Cliffs.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J., & Smaldino, S. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (Seventh Ed). Pearson Education.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.

Kemp, J. E., & Dayton, D. . (1985). Planning and Producing Instructional Media. Harper & Row Publishers.

Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: a review of research. Educational Communication and Technology Journal, 30, 195–232.

Mayer, R. E., Fiorella, L., & Stull, A. (2020). Five ways to increase the effectiveness of instructional video. Educational Technology Research and Development, 68(3), 837–852. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09749-6

Nessipbayeva, O. (2019). The Competencies of the Modern Teacher. Pre-Service and In-Service Teacher Training, 148–154. http://bit.ly/2fRwNoY

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Pauwels, L. (2015). Reframing Visual Social Science: Towards a More Visual Sociology and Anthropology. Cambridge University Press.

Pineida, F. O. (2011). Competencies for the 21st century: Integrating ict to life, school and economical development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 54–57.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.011

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Rais, S., Verawardina, U., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Ramadhani, D. (2020). The Effectiveness of Instructional Video Media in Coffee Knowledge Courses (Baristas). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 258. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.24378

Richey, R. C., & Seels, B. (1994). Defining a Field: A Case Study of the Development of the 1994 Definition of Instructional Technology. Educational media and technology yearbook.

Sadiman, Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan, Pemanfaatannya. Rajawali Pers.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. P. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48–58.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sulistyono, Y. (2016). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Jurnal VARIDIKA, 27(2), 208–215. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i2.1402

Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015 2016. Unnes, 1–207.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v8i1.11988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License