PERSEPSI KESIAPAN KERJA MAHASISWA SETELAH MELAKSANAKAN KERJA PRAKTIK INDUSTRI (KPI) PADA PRODI PENDIDIKAN INFORMATIKA

Etistika Yuni Wijaya, Nuru Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan ekrja mahasiswa prodi pendidikan informatika angkatan 2017 yang telah melaksanakan Kerja Praktik Industri (KPI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di Prodi Pendidikan Informatika. Populasi yang digunakan adalah 49 mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika angkatan 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah deksriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa  persepsi  kesiapan kerja mahasiswa setelah melaksanakan Kerja Praktik Industri (KPI) pada Prodi Pendidikan Informatika dijabarkan menjadi  Sembilan indikator, yaitu: (a) menguasai teori dan praktik; (b) memiliki Kematangan kompetensi, fisik, mental, pengalaman, informasi dan kemampuan untuk bekerja; (c) memiliki pertimbangan logis dan obyektif; (d) mampu menyelesaikan tugas; (e) mengetahui wawasan tentang dunia kerja; (f) mampu mengoperasikan suatu alat sesuai dengan SOP; (g) mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan mudah bergaul dengan rekan kerja; (h) mampu bersikap kritis; dan (i) mampu menerima tanggung jawab atas pekerjaanya mempunyai mena 31,3 berada dalam ketegori baik. Indikator tertinggi adalah terletak pada indikator 7 yaitu mahasiswa mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan mudah bergaul dengan rekan kerja.

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 2014. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Pada Instansi/ Perusahaan. Jurnal Simetris Vol 5.

Gardner, H. 2013. Multiple Intelligences. Terj. Yelvi Andri Zaimur. Jakarta: Daras Books.

Khalil, O.E.M. 2015. Students experience with the business internship program at Kuwait University. The International Journal of Management Education. 202-2017

Mukhadis. A. 2014. Pengembangan Mindset Emulasi Sebagai Orientasi Pembelajaran Bidang Teknologi dan Kejuruan di era globalisasi. Makalah. Tidak Diterbitkan.

Purwaningsih, dkk. 2017. Soft Skills pada Pelaksanaan Magang Dunia Usaha/Dunia Industri. Jurnal “Tata Arta” UNS, Vol. 3, No. 2, hlm 11– 20.

Robinson. 2000. What Are Employability Skills. Alabama Cooperative Extention System, 1(3), (Online), (http://www.aces.edu/crd/workforce/publication/employability-skills, diakses 18 Agustus 2008).

Sudjimat, DA. 2011. Kecakapan Kemampu-Kerjaan Siswa SMK Bertaraf Internasional dan Pengembangannya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 4, Februari 2011, hlm. 279-286.

Syahroni, F. 2014. Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Di SMKN 1 Lembah Gumanti. Dari jurnal administrasi pendidijan Vol 2 No 1.

Tridiana dan Rizal. 2020. Keterampilan Guru Abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. p-ISSN : 1858-4543 e-ISSN : 2615-6091.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, John Wiley & Sons, 978-0-47-055362-6.

Wijaya. Dkk. 2016. Computer-Mediated Communication (CMC) sebagai penyelaras pembelajaran abad 21 pada program keahlian teknik komputer dan informatika di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kejuruan, Universitas Negeri Malang. ISBN: 978 – 979 – 49589 – 8 – 8.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v7i2.10703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License