HARGA DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Banyaknya home industry bersaing mendapatkan calon pembeli melalui berbagai
strategi yang tepat untuk memberi pengaruh lebih bagi para konsumen agar tidak kalah
bersaing di pasaran. Ada beberapa strategi guna menarik konsumen agar melakukan
pembelian. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas produk dan menetapkan harga yang
sesuai dengan kemampuan konsumen dan sesuai dengan kualitas produk tersebut, untuk
mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Kotler dan Amstrong (2008) megatakan bahwa kualitas produk kemampuan sebuah
produk dalam memperagakan fungsinya, hal itu termasuk keseluruhan durabilitas, reliabilitas,
ketepatan, kemudahan pengoperasian dan reparasi produk juga atribut produk lainnya.
Kualitas suatu produk mengandung berbagai tujuan, baik itu tujuan produsen maupun
tujuan konsumen. Produsen menganggap kualitas suatu produk itu baik jika produk tersebut
laku dan disukai di pasaran, sehingga mampu mendatangkan keuntungan yang optimal.
Sedangkan konsumen akan menganggap kualiats produk itu baik jika kebutuhan dan
keinginannya terhadap produk tersebut dapat terpuaskan, sehingga dapat dikatakan bahwa
kualitas produk hasil produksi suatu perusahaan merupakan cerminan keberhasilan
perusahaan dimata konsumen dalam melakukan usaha produksinya.
References
Alfred Owusu, 2013. Influance of price and quality on consumer purchase of mobile phone in
the kumasi metropolis in Ghana a comparative study. European Journal of business and
management. Vol 5, No.1.
Badan Pusat Statistik, 2018. Tanjung Bumi Dalam Angka. BPS Kabupaten Bangkalan,
Bangkalan. 82 hal.
Basu , Swastha dan Ibnu Sukotjo, 1995. Pengantar Bisnis Modern, Edisi 3. Jakarta: Penerbit
Liberty.
Basu Swastha, Dharmesta dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta:
Penerbit Liberty.
Basu, Swastha, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-priinsip pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Kotler dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Kotler dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Dua Belas.
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, dan Amstrong, 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition.
England: Pearson Education, Inc.
Kotler, Keller dan Kevin L., 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong 2012, Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Tiga Belas. Jakarta:
Erlangga
Sukanto, Reksohadiprojo dan Indriyo, Gitosudarmo, 2000. Manajemen Produksi.
Yogyakarta: BPFE UGM.
Tjiptono, Fandy.2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakrta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v5i2.9029
Refbacks
- There are currently no refbacks.